Loading...
DUNIA
Penulis: Reporter Satuharapan 22:04 WIB | Senin, 22 Agustus 2016

Guru Besar Berusia 102 Tahun Menolak Dirumahkan

David William Goodall. (Foto: abcnews.com)

PERTH, SATUHARAPAN.COM - Seorang profesor berusia 102 tahun, David William Goodall ahli ekologi yang memiliki tiga gelar doktor, menolak permintaan Universitas Edith Cowan (ECU) Perth agar bekerja dari rumah saja alih-alih pergi ke kampus di Joondalup, yang berjarak 27 kilometer utara Kota Perth, Australia Barat.

Goodall tercatat sebagai peneliti kehormatan di Pusat Pengelolaan Ekosistem ECU dan telah menghabiskan 70 tahun hidupnya untuk beraneka riset di bidang ekologi. Ia menghasilkan total lebih dari 130 buah karya akademik setelah bekerja di lima benua.

"Saya ingin meneruskan pola kerja saya, sebagian karena memang ini adalah cara yang saya sukai melihat dunia sekitar saya," ujar Goodall dalam wawancara radio ABC seperti dikutip PerthNow.com.au, hari Senin (22/8).

Di usia yang sudah melampui satu abad, Goodall mengaku tidak kuat lagi berjalan kaki lebih dari 1 kilometer, tapi setiap harinya ia tetap bisa menempuh perjalanan pulang-pergi dari rumah ke kampus dengan menumpang dua kali bis dan kereta api selama 90 menit.

Pada Desember tahun ini kontrak Goodall di ECU akan berakhir, dan kampus menawarkan agar kontrak diperpanjang untuk tiga tahun ke depan tapi dengan syarat Goodall bekerja dari rumah.

Pihak ECU yang diwakili oleh Rektor Steve Chapman mengatakan opsi ini adalah demi mereduksi gangguan kesehatan Goodall akibat perjalanan. Di sisi lain, pihak kampus akan menyediakan kantor di rumah Goodall. Kalaupun ia ingin datang ke kampus untuk menghadiri kegiatan, ECU akan menyediakan transportasi gratis buat Goodall. (AFP)

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home