Loading...
HAM
Penulis: Sabar Subekti 11:55 WIB | Sabtu, 23 April 2022

HAM PBB: Hukum Humaniter Dibuang dalam Perang di Ukraina

HAM PBB: Hukum Humaniter Dibuang dalam Perang di Ukraina
Warga melihat rumahnya yang hancur akibat bom Rusia di Chernihiv pada Jumat, 22 April 2022. (Foto: AP Photo/Emilio Morenatti)
HAM PBB: Hukum Humaniter Dibuang dalam Perang di Ukraina
Michelle Bachelet, Komisaris Tinggi PBB untuk Hak Asasi Manusia. Foto: dok. (Martial Trezzini/Keystone via AP)

BERLIN, SATUHARAPAN.COM-Kantor hak asasi manusia Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) pada hari Jumat (22/4) menunjukkan bukti yang berkembang dari kejahatan perang sejak invasi Rusia ke Ukraina, menyatakan bahwa hukum humaniter tampaknya telah "dibuang".

Michelle Bachelet, komisaris tinggi PBB untuk hak asasi manusia, mengatakan bahwa “pekerjaan kami hingga saat ini telah merinci kisah horor pelanggaran yang dilakukan terhadap warga sipil.”

Misi kantornya di Ukraina sejauh ini telah memverifikasi 5.264 korban sipil, termasuk 2.345 kematian, sejak perang dimulai pada 24 Februari. Dikatakan bahwa 92,3% dari mereka tercatat di wilayah yang dikuasai pemerintah Ukraina.

Kantor tersebut menggunakan metodologi yang ketat dan telah lama mengakui bahwa angka yang dikonfirmasi jauh dari angka sebenarnya.

“Jumlah sebenarnya akan jauh lebih tinggi” karena lebih banyak detail muncul dari tempat-tempat seperti Mariupol di mana terjadi pertempuran sengit, kata Bachelet.

“Selama delapan pekan ini, hukum humaniter internasional tidak hanya diabaikan tetapi tampaknya disingkirkan,” tambahnya.

Kantornya mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa “Angkatan bersenjata Rusia telah menembaki dan membom daerah-daerah berpenduduk tanpa pandang bulu, membunuh warga sipil dan menghancurkan rumah sakit, sekolah, dan infrastruktur sipil lainnya, tindakan yang dapat dianggap sebagai kejahatan perang.”

Ia menambahkan bahwa misi PBB juga telah “mendokumentasikan apa yang tampaknya menjadi penggunaan senjata dengan efek sembarangan, menyebabkan korban sipil dan kerusakan objek sipil, oleh angkatan bersenjata Ukraina di timur negara itu.”

Bachelet mengatakan bahwa “skala eksekusi cepat terhadap warga sipil di daerah-daerah yang sebelumnya diduduki oleh pasukan Rusia” sedang muncul.

Pada 9 April, petugas hak asasi manusia PBB yang mengunjungi Bucha mendokumentasikan pembunuhan di luar hukum, termasuk dengan eksekusi singkat, terhadap sekitar 50 warga sipil, kata kantornya.

Misi PBB telah menerima lebih dari 300 tuduhan pembunuhan warga sipil di kota-kota yang sebelumnya diduduki di wilayah Kiev, Chernihiv, Kharkiv dan Sumy.

Pejabat Rusia telah membantah bahwa tentara mereka membunuh warga sipil di Bucha dan kota-kota lain di sekitar Kiev dari mana mereka mundur tiga pekan lalu, dan menuduh Ukraina melakukan kekejaman.

Kantor hak asasi manusia PBB mengatakan misinya juga telah mencatat 114 serangan terhadap fasilitas medis “meskipun angka sebenarnya kemungkinan akan jauh lebih tinggi.”

“Kami memperkirakan setidaknya 3.000 warga sipil tewas karena mereka tidak bisa mendapatkan perawatan medis dan karena tekanan pada kesehatan mereka di tengah permusuhan,” kata Bachelet. “Ini termasuk dipaksa oleh angkatan bersenjata Rusia untuk tinggal di ruang bawah tanah atau tidak diizinkan meninggalkan rumah mereka selama berhari-hari atau berminggu-minggu.”

Misi PBB sejauh ini telah menerima 75 tuduhan kekerasan seksual terhadap perempuan, laki-laki, anak perempuan dan anak laki-laki oleh tentara Rusia, sebagian besar di wilayah Kiev.

Kantor hak asasi manusia mengatakan penahanan warga sipil “telah menjadi praktik yang meluas” di daerah-daerah yang dikendalikan oleh pasukan Rusia dan kelompok-kelompok yang berafiliasi, dengan 155 kasus seperti itu dilaporkan sejauh ini.

Dikatakan juga menerima informasi tentang "dugaan penahanan sewenang-wenang dan tanpa komunikasi" oleh pasukan Ukraina atau orang-orang yang bersekutu dengan mereka. Dan itu menunjuk pada video yang dikeluarkan oleh kedua belah pihak yang tampaknya menunjukkan intimidasi, interogasi, penyiksaan atau pembunuhan tawanan perang. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home