Loading...
HAM
Penulis: Diah Anggraeni Retnaningrum 23:31 WIB | Selasa, 21 Februari 2017

Hampir 1,4 Juta Anak Terancam Kelaparan di Empat Negara

Ilustrasi. Anak di pengungsian. (Foto: Dok. satuharapan.com/AFP)

NEW YORK, SATUHARAPAN.COM - Hampir 1,4 juta anak yang menderita gizi buruk dapat meninggal pada tahun ini akibat kelaparan di Nigeria, Somalia, Sudan Selatan dan Yaman, ungkap badan PBB untuk anak pada Senin (20/2).

Di Yaman, tempat perang bergejolak selama hampir dua tahun, 462.000 anak menderita gizi buruk, sedangkan 450.000 anak kekurangan gizi di timur laut Nigeria.

Fews Net, sistem peringatan dini bencana kelaparan, mengatakan beberapa daerah terpencil di negara bagian Borno, Nigeria, sudah dipengaruhi oleh kelaparan sejak akhir tahun lalu dan bencana itu kemungkinan berlanjut ketika badan bantuan tersebut tidak dapat menjangkau mereka yang membutuhkan.

Kekeringan di Somalia membuat 185.000 anak di ambang kelaparan, tetapi angka tersebut diperkirakan akan mencapai 270.000 dalam beberapa bulan ke depan, kata UNICEF.

Di Sudan Selatan, lebih dari 270.000 anak kekurangan gizi dan kelaparan baru saja dinyatakan di bagian dari Negara Kesatuan di utara negara tersebut, tempat 20.000 anak tinggal.

Direktur UNICEF Anthony Lake mengimbau untuk melakukan tindakan cepat. "Kita masih bisa menyelamatkan banyak nyawa," kata dia. (AFP)

Editor : Diah Anggraeni Retnaningrum


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home