Loading...
EKONOMI
Penulis: Reporter Satuharapan 13:49 WIB | Minggu, 20 Oktober 2019

Harga Ayam Naik Capai Rp40 Ribu per Kilogram

Daging ayam ras dijual di Pasar Puring, Pontianak. (Foto: Antara/Yayuk)

PONTIANAK, SATUHARAPAN.COM – Harga daging ayam ras saat ini mulai merangkak naik, dan saat ini mencapai Rp40.000 per kilogram seperti terpantau di Pasar Puring Pontianak.

“Harga ayam kemarin naik mencapai Rp35.000 per kilogram dan saat ini bahkan tembus Rp40.000 per kilogram,” kata satu di antara pedagang di Pasar Puring di Siantan Pontianak Ajun di Pontianak, Minggu (20/10/2019).

Ia mengaku tidak mengetahui kenapa harga ayam naik.

“Biasanya naik faktor permintaan tinggi karena momen tertentu. Untuk kenaikan sekarang tidak tahu persis. Kami hanya mendapatkan harga sebegitu dari pemotong,” dia menjelaskan.

Selain ayam, harga aneka sayuran juga terpantau naik. Kenaikan harga sayuran karena dipengaruhi cuaca yang saat ini masuk ke musim penghujan.

“Harga bahan pokok terkadang naik terkadang stabil bergantung pada cuaca dan stok barang yang ada. Apalagi saat ini cuaca yang lagi masuk musim hujan itu mempengaruhi harga sayuran naik,” dia memaparkan.

Cabai merah saat ini stabil mencapai Rp40.000 per kilogram, juga begitu cabai hijau Rp36.000 per kilogram. Sedangkan untuk tomat Rp20.000 per kilogram atau naik Rp6.000. Bawang putih kembali normal Rp26.000 per kilogram, kentang Rp14.000, buncis Rp20.000, dan beberapa jenis lain ada yang naik dan turun.

Muksin, pedagang lain, juga mengaku harga bahan pokok tersebut sering naik turun dan susah ditebak.

“Sudah biasa kalau cuaca tak menentu seperti ini harga naik,” katanya.

Muksin menambahkan, kenaikan harga pokok saat ini masih terbilang normal dan belum naik terlalu signifikan.

Sementara itu, Yuyun, warga yang sedang berbelanja di Pasar Puring Siantan, mengatakan beberapa hari yang lalu cabai merah kosong. Kalaupun, ada harganya mahal dan mutu tidak terlalu bagus.

“Bingung juga kadang naik turun harga bahan pokok, kadang stoknya sedikit, tapi mau gimana kita harus belanja buat makan,” katanya. (Ant)

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Back to Home