Loading...
EKONOMI
Penulis: Dewasasri M Wardani 11:30 WIB | Jumat, 20 Juni 2014

Harga Minyak Capai Tertinggi Baru Sembilan Bulan

Foto: antaranews.com

NEW YORK, SATUHARAPAN.COM - Harga minyak dunia melonjak pada Kamis, (19/6) Jumat pagi WIB, dipicu meningkatnya kekerasan di Irak, sementara pasukan pemerintah merebut kembali kilang-kilang utama,  dan AS mengatakan akan mengirim penasihat militer untuk melatih pasukan Irak.

Minyak mentah Brent untuk pengiriman Agustus menguat 80 sen di London, menjadi menetap di 115,06 dolar AS (sekitar Rp1,3 juta) per barel, posisi tertinggi sejak awal September.

Di New York, minyak mentah light sweet atau West Texas Intermediate untuk pengiriman Juli,  naik 46 sen menjadi ditutup pada 106,43 dolar AS (sekitar Rp1,2 juta) per barel.

Kenaikan harga berlanjut , setelah Presiden AS Barack Obama mengumumkan, bahwa ia siap untuk mengirim 300 penasehat militer ke Irak,  jika perlu mengambil aksi militer "tepat" dengan "target" untuk melawan gerilyawan Sunni radikal.

 "Kami akan membantu Irak saat mereka melakukan perlawanan kepada teroris yang mengancam rakyat Irak, wilayahdan kepentingan Amerika juga," katanya.

Para ekstremis telah menguasai sejumlah bagian utara negara itu,  tetapi belum langsung mengancam wilayah penghasil minyak utama di selatan.

Pasukan Irak pada Kamis (19/6),  kembali mengontrol penuh kilang minyak terbesar di negara itu setelah pertempuran sengit, kata para pejabat.

"Pasukan keamanan berada dalam kendali penuh dari kilang Baiji," Letnan Jenderal Qassem Atta, juru bicara keamanan Perdana Menteri Nuri al-Maliki, mengatakan dalam sambutannya di televisi.

Krisis telah mengguncang pasar minyak dunia, karena Irak adalah produsen terbesar kedua dalam 12 negara Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak (OPEC).

Negara ini memiliki lebih dari 11 persen dari sumber daya dunia,  dan memproduksi 3,4 juta barel minyak per hari. (AFP/Ant)

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home