Loading...
HAM
Penulis: Dewasasri M Wardani 14:28 WIB | Rabu, 12 Agustus 2015

Hari Internasional Masyarakat Adat 2015: Pastikan Perlindungan Kesehatan

Shavante, ibu Indian, dengan bayinya di Mato Grosso, Brasil. (Foto: un.org/Joseane Daher)

NEW YORK, SATUHARAPAN.COM – Hari Internasional Masyarakat Adat yang diperingati setiap tanggal 9 Agustus, tahun ini dirayakan dengan acara khusus di Markas Besar PBB di New York, Amerika Serikat.

Dalam pesannya  Sekretaris jenderal PBB Ban Ki-moon mengatakan, "Pada hari internasional masyarakat data ini, saya menyerukan kepada masyarakat internasional , untuk memastikan masyarakat adat tidak tertinggal. Untuk membuat masa depan yang lebih adil, mari kita berkomitmen untuk berbuat lebih banyak untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan bagi masyarakat adat. "

Sebuah acara khusus diadakan di Markas Besar PBB di New York pada Senin (10/8) dengan tema memastikan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat adat ".

Yang berbicara pada kesempatan itu selain  Ban  Ki Moon adalah, Wu Hongbo pejabat senior PBB bidang ekonomi dan sosial dan Megan Davis Ketua Forum Permanen PBB untuk Masyarakat Adat. Pada acara itu akan diluncurkan buku  yang berjudul “ Negara Masyarakat Adat Dunia, Volume II, dengan kata sambutan dari Priscilla Migiro seorang dokter anak dari Kenya, dan Mukta Lama dari Departemen Sosiologi dan Antropologi di Tribhuvan University di Nepal, dan Jeffrey Reading, dari University of Victoria di British Columbia, Kanada.

Buku Negara Masyarakat Dunia Adat, Volume II, yang ditulis oleh enam ahli independen dan diproduksi oleh Forum Sekretariat PBB untuk Masyarakat Adat,  mengangkat isu tantangan utama masyarakat adat dalam memperoleh akses yang memadai dalam  kesejahteraan dan kesehatan.

Menurut penulis, masyarakat adat menghadapi segudang hambatan ketika mengakses sistem kesehatan masyarakat, seperti kurangnya fasilitas di komunitas mereka, hambatan bahasa, buta huruf dan kurangnya pemahaman budaya dan praktik tradisional. Kurangnya kemampuan ekonomi untuk membayar layanan asuransi. Akibatnya, mereka sering tidak memperoleh layanan kesehatan.

Beberapa publikasi mengutip banyak contoh kesenjangan kesehatan antara masyarakat adat dan penduduk non-pribumi yang tinggal di negara yang sama, termasuk harapan hidup secara signifikan lebih pendek, prevalensi tinggi penyakit menular dan tingkat yang lebih tinggi dari kekurangan gizi dan kematian anak. Masyarakat adat juga lebih mungkin menderita penyalahgunaan zat dan depresi dan gangguan mental lainnya daripada rekan-rekan non-pribumi mereka.

Tantangan yang berkaitan dengan meningkatkan kesehatan masyarakat adat yang terkait dengan faktor-faktor sosial, budaya, ekonomi dan politik, termasuk pendidikan yang tidak memadai, kemiskinan tidak proporsional dan diskriminasi dalam pemberian layanan kesehatan. Dengan demikian, panggilan untuk pengembangan konsep pelayanan kesehatan tertentu dan intervensi yang ditargetkan disesuaikan dengan kebutuhan mereka.

Publikasi pertama PBB, tentang keadaan masyarakat adat di dunia diterbitkan pada tahun 2009, dan mengungkapkan statistik yang mengkhawatirkan mengenai kemiskinan, kesehatan, pendidikan, pekerjaan, hak asasi manusia, lingkungan dan banyak lagi.

Ada sekitar 370 juta masyarakat adat di 90 negara di seluruh dunia. Mempertahankan tradisinya sosial, budaya, ekonomi dan politik yang unik dan berbeda dengan masyarakat di mana mereka tinggal.

Deklarasi PBB tentang Hak-hak Masyarakat Adat, yang diadopsi dari Majelis Umum PBB pada tahun 2007, mengakui hak masyarakat adat untuk menentukan nasib sendiri dan hak mereka untuk bebas mengejar pembangunan ekonomi, sosial dan budaya mereka.

Pasal 24 dari Deklarasi menyatakan, "individu masyarakat adat memiliki hak yang sama untuk menikmati standar tertinggi kesehatan fisik dan mental" dan bahwa "Negara harus mengambil langkah-langkah yang diperlukan dengan maksud untuk secara progresif mencapai realisasi penuh hak ini" .

Hari Internasional Dunia Masyarakat diperingati setiap tahun pada tanggal 9 Agustus, sebagai pengakuan atas pertemuan pertama Kelompok Kerja PBB untuk Masyarakat Adat, yang diselenggarakan di Jenewa pada tahun 1982. The International Day pertama kali dicanangkan oleh Majelis Umum pada Desember 1994.  (un.org/wikipedia)

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home