Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 07:16 WIB | Senin, 06 April 2020

Harimau di Kebun Binatang Bronx Terinfeksi COVID-19

Harimau Melayu, Nadia, di Kebun Binatang Bronx, New York, AS, dites positif terinfeksi COVID-19. Foto diambil tahun 2017. (Foto: National Geographic)

NEW YORK, SATUHARAPAN.COM-Seekor harimau di Kebun Binatang Bronx, Amerika Serikat, telah dites positif terinfeksi virus corona baru, yang diyakini sebagai infeksi pertama yang diketahui pada hewan atau harimau di mana saja, kata pejabat federal dan kebun binatang hari Minggu (5/4).

Harimau Melayu berusia empat tahun bernama Nadia, dan enam harimau dan singa lain juga jatuh sakit, diyakini telah terinfeksi oleh seorang karyawan kebun binatang yang belum menunjukkan gejala, kata kebun binatang itu. Hewan pertama mulai menunjukkan gejala pada 27 Maret, dan semuanya baik-baik saja dan diperkirakan akan pulih, kata kebun binatang, yang telah ditutup untuk umum sejak 16 Maret di tengah merebaknya wabah virus corona di New York.

“Kami menguji kucing itu dengan sangat hati-hati” dan bertujuan untuk “berkontribusi pada pemahaman dunia yang berkelanjutan terhadap virus corona baru ini,” kata Dr. Paul Calle, kepala dokter hewan di kebun binatang Bronx.

Temuan ini menimbulkan pertanyaan baru tentang penularan virus pada hewan. Departemen Pertanian AS, yang mengkonfirmasi hasil tes Nadia di laboratorium hewan, mengatakan tidak ada kasus yang diketahui dari virus pada hewan peliharaan atau ternak AS.

“Tampaknya tidak ada, pada saat ini, bukti apa pun yang menunjukkan bahwa hewan dapat menyebarkan virus kepada orang-orang atau bahwa mereka dapat menjadi sumber infeksi di Amerika Serikat,” kata Dr. Jane Rooney, seorang dokter hewan dan seorang pejabat Departemen Pertanian AS (USDA).

USDA mengatakan pada hari Minggu (5/4) bahwa itu tidak merekomendasikan pengujian virus corona rutin terhadap hewan, di kebun binatang atau di tempat lain, atau dari karyawan kebun binatang. Rooney mengatakan sejumlah kecil hewan di AS telah diuji melalui Laboratorium Layanan Hewan Nasional USDA, dan semua tes itu kembali negatif kecuali Nadia.

Orang ke Orang

Wabah koronavirus di seluruh dunia didorong oleh penularan dari orang ke orang, kata para ahli. Ada laporan tentang sejumlah kecil hewan peliharaan di luar Amerika Serikat yang terinfeksi setelah kontak dekat dengan orang yang menular, termasuk seekor anjing Hong Kong yang dites positif untuk patogen tingkat rendah pada bulan Februari dan awal Maret. Otoritas pertanian Hong Kong menyimpulkan bahwa anjing dan kucing peliharaan tidak dapat menularkan virus kepada manusia tetapi dapat dites positif jika terkena oleh pemiliknya.

Beberapa peneliti telah mencoba memahami kerentanan berbagai spesies hewan terhadap virus COVID-19, dan untuk menentukan bagaimana penyebarannya di antara hewan, menurut Organisasi Kesehatan Hewan Dunia yang bermarkas di Paris.

American Veterinary Medical Association dan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) telah merekomendasikan bahwa karena terlalu berhati-hati, orang yang sakit dengan virus corona harus membatasi kontak dengan hewan. Secara umum, CDC menyarankan orang untuk mencuci tangan setelah memegang hewan dan melakukan hal-hal lain untuk menjaga kebersihan hewan peliharaan dan rumah mereka.

Baru Satu Yang Dites

Di Kebun Binatang Bronx, Nadia, saudara perempuannya Azul, dua harimau Amur dan tiga singa Afrika mengalami batuk kering, dan beberapa kucing menunjukkan beberapa mengi dan kehilangan nafsu makan, kata Calle.

"Dalam pertanyaan menyeluruh, kami memang ingin menguji secara khusus" untuk virus yang menyebabkan COVID-19, katanya. Hanya Nadia yang dites karena butuh anestesi untuk mendapatkan sampel dari kucing besar. Suhunya diambil pada waktu yang sama, dan itu normal, kata Calle.

Tujuh kucing yang sakit tinggal di dua area di kebun binatang, dan hewan-hewan itu melakukan kontak dengan pekerja yang sama, yang kondisiya baik-baik saja, kata pejabat kebun binatang. Mereka mengatakan bahwa mereka mengambil "langkah-langkah pencegahan yang tepat" untuk staf yang merawat hewan yang sakit, dan tidak ada tanda-tanda penyakit pada kucing besar lainnya.

Bagi kebanyakan orang, virus corona menyebabkan gejala ringan atau sedang, seperti demam dan batuk yang sembuh dalam dua hingga tiga pekan. Bagi sebagian orang, terutama orang dewasa dan orang yang lebih tua, dapat menyebabkan penyakit yang lebih parah, termasuk pneumonia, dan bisa berakibat fatal. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home