Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 19:08 WIB | Jumat, 04 November 2022

Hasil Pemilu: Benyamin Netanyahu Kembali Pimpin Israel

Pemimpin Partai Likud, Benjamin Netanyahu, ditemani istrinya, Sara Netanyahu, berbicara kepada para pendukungnya di markas partainya selama pemilihan umum Israel di Yerusalem, 2 November 2022. (Foto: Reuters)

YERUSALEM, SATUHAAPAN.COM-Perdana Menteri Israel, Yair Lapid, pada hari Kamis (3/11) mengucapkan selamat kepada Benjamin Netanyahu atas kemenangan pemilihannya ketika hasil akhir mengkonfirmasi kemenangan kembalinya mantan perdana menteri sebagai kepala aliansi sayap kanan yang solid.

Kemenangan Netanyahu akan mengakhiri kebuntuan yang belum pernah terjadi sebelumnya di Israel setelah lima pemilihan dalam waktu kurang dari empat tahun.

Kali ini Netanyahu, politisi Israel dominan di generasinya, memenangkan mayoritas parlemen, didorong oleh partai ultranasionalis dan agama.

Pemungutan suara hari Selasa melihat Lapid yang berhaluan tengah, dan aliansi langka dari kaum konservatif, liberal, dan politisi Arab yang, selama lebih dari 18 bulan berkuasa, membuat terobosan diplomatik dengan Turki dan Lebanon dan membuat ekonomi tetap berjalan.

Tetapi dengan konflik dengan Palestina melonjak lagi dan menyentuh ketegangan Yahudi-Arab di Israel, Likud kanan Netanyahu dan partai-partai sejenisnya mengambil 64 dari 120 kursi Knesset.

Netanyahu masih harus secara resmi ditugaskan oleh presiden untuk membentuk pemerintahan, sebuah proses yang bisa memakan waktu beberapa pekan.

“Waktunya telah tiba untuk memaksakan ketertiban di sini. Waktunya telah tiba untuk menjadi tuan tanah,” cuit Itamar Ben-Gvir dari partai sayap kanan Zionisme Agama, yang kemungkinan merupakan mitra senior Likud.

Kasus Serangan dan Pembunuhan

Dia menanggapi penusukan yang dilaporkan oleh polisi Yerusalem. Di Tepi Barat, tentara membunuh seorang militan Jihad Islam dan seorang pria berusia 45 tahun dalam insiden terpisah, kata petugas medis. Ditanya tentang kematian terakhir, tentara mengatakan mereka melepaskan tembakan ketika orang-orang Palestina menyerang mereka dengan batu dan bom bensin.

Seorang pemukim Tepi Barat dan mantan anggota Kach, sebuah kelompok militan Yahudi di daftar pantauan teroris Israel dan Amerika Serikat, Ben-Gvir ingin menjadi menteri polisi.

Media Israel, mengutip sumber-sumber politik, mengatakan pemerintah baru mungkin akan dicapai pada pertengahan bulan. Koalisi sebelumnya dalam beberapa tahun terakhir memiliki mayoritas parlemen yang lebih sempit yang membuat mereka rentan terhadap mosi tidak percaya.

Dengan pembicaraan pembangunan koalisi yang belum dimulai secara resmi, masih belum jelas posisi apa yang mungkin dipegang Ben-Gvir di pemerintahan masa depan. Sejak pemilihan, baik dia dan Netanyahu telah berjanji untuk melayani semua warga negara.

Tetapi kekuasaan Ben-Gvir telah menimbulkan kekhawatiran di antara 21 persen minoritas Arab dan Yahudi kiri-tengah, dan terutama di antara orang-orang Palestina yang pembicaraan kenegaraannya yang disponsori AS dengan Israel gagal pada tahun 2014. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home