Loading...
SAINS
Penulis: BPK PENABUR Jakarta 12:30 WIB | Senin, 16 Januari 2023

“Healthy Inside, Thriving Outside”

“Healthy Inside, Thriving Outside”
Kenny Lim, Ketua BPK PENABUR Jakarta (Foto : BPKPENABURJakarta)
“Healthy Inside, Thriving Outside”
DR. Dr. Dharmawan A. Purnama, Sp.KJ sebagai Narsumber (Foto : BPKPENABURJakarta)
“Healthy Inside, Thriving Outside”
DR. Dr. Dharmawan A. Purnama, Sp.KJ bersama Pemandu Acara Nathalie Indry (Foto : BPKPENABURJakarta)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM, Orang tua merupakan pendidik utama dan sekolah sebagai pendukung dalam mendidik anak. Dan BPK PENABUR Jakarta adalah lembaga pendidikan yang terus berkomitmen mengamati tumbuh kembang dan perilaku anak, salah satunya mengenai isu kesehatan mental anak.

Dalam webinar bagi orang tua bertajuk “Healthy Inside, Thriving Outside” Membangun Kesehatan Mental Anak yang diselenggarakan Sabtu, (14 /01) di kanal YouTube BPK PENABUR Jakarta. Ketua BPK PENABUR Jakarta Kenny Lim dalam sambutannya menyampaikan bahwa penting bagi orangvtua mengajarkan anaknya untuk bertanggung jawab dalam menggunakan gadget.

“Pada era digital seperti saat ini, penting bagi anak untuk menggunakan gadget dengan penuh tanggung jawab. Self diagnostic contoh kasus yang terjadi yaitu informasi mengenai ramalan bintang yang membuat anak berspekulasi bahwa kelebihan dan kekurangan pada dirinya sesuai dengan ramalan tersebut. Hal ini karena anak kurang mencerna informasi dengan baik, sehingga terkadang anak mengatakan mereka butuh healing.” ujar Kenny.

Kenny juga menjelaskan mengenai fenomena strawberry generation sebuah istilah generasi muda masa kini yang memiliki kreatifitas tinggi, tetapi bila ditekan sedikit tidak punya daya juang. 

“Untuk itu, kami mengadakan webinar kesehatan mental anak, supaya dapat bergandengan tangan bersama orang tua dalam mendidik anak.” tutur Kenny.

DR. Dr. Dharmawan A. Purnama, Sp.KJ, psikiater spesialis kedokteran jiwa yang pernah menjadi ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) wilayah Jakarta Utara, sekaligus pendiri Smart Mind Center Consulting, dan Asian Psychiatry Intervention Network (APIN) menjadi narasumber dalam webinar.

Dharmawan mengatakan bahwa gangguan tingkah laku dan emosional pada anak merupakan gangguan yang semakin disadari dan banyak dikeluhkan oleh orang tua dan guru, perkembangan zaman yang sangat membingungkan dapat memicu gangguan tersebut. Oleh karena itu, orang tua dan guru perlu membentengi anak dari hiperealitas informasi.

“Kemudian, jangan langsung memberi label ‘anak nakal’ pada anak, bisa jadi anak memiliki gangguan yang dipengaruhi faktor biologis (otak), psiko-edukatif, dan sosio-kulturan (lingkungan). Peran orang tua sangatlah penting, jangan mudah menyalahkan pasangan atau sekolah, tetapi bangun interaksi yang baik dengan anak. Perlu deteksi berbagai pihak dan penangannya juga dibutuhkan kerjasama antara orang tua, guru, dan tenaga profesional. Jadi, dengan memberdayakan anak secara sungguh-sungguh, anak akan tumbuh menjadi pribadi yang tangguh dan mudah menghadapi masa depan yang hiperkompetisi.” jelas Dharmawan.

Webinar semakin meriah dengan kehadiran Nathalie Indry sebagai pemandu acara yang merupakan Host dan content creator.

Ingin tahu penjelasan selengkapnya dari DR. Dr. Dharmawan A. Purnama, Sp.KJ ? Yuk, saksikan webinar BPK PENABUR Jakarta “Healthy Inside, Thriving Outside” Membangun Kesehatan Mental Anak di kanal YouTube BPK PENABUR Jakarta sekarang juga https://www.youtube.com/watch?v=4kGHg44pTkw !

Editor : Eti Artayatini


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home