Loading...
FOTO
Penulis: Dedy Istanto 14:48 WIB | Jumat, 11 Maret 2016

Hillary dan Sanders Menangkan Pemilu Primer AS

Hillary dan Sanders Menangkan Pemilu Primer AS
Kandidat presiden Demokrat Hillary Clinton berbicara dalam sebuah kampanye di Detroit pada 7 Maret 2016. Geoff Robins/AFP
Hillary dan Sanders Menangkan Pemilu Primer AS
Calon Presiden dari Partai Demokrat Hillary Clinton berpidato di Pusat Rekreasi di kampus Cuyahoga Community College, 8 Maret 2016 di Cleveland, Ohio. Clinton berkampanye di Ohio menjelang pemilu primer pada 15 Maret J.D. Pooley/Getty Images/AFP
Hillary dan Sanders Menangkan Pemilu Primer AS
Bakal calon presiden Amerika Serikat dari Partai Demokrat Bernie Sanders berpidato saat berkampanye di Dearborn, Michigan pada 7 Maret 2016. AFP/Geoff Robins
Hillary dan Sanders Menangkan Pemilu Primer AS
Para pendukung bakal calon presiden Amerika Serikat dari Partai Demokrat Bernie Sanders menggelar aksi massa di luar Miami Dade College menjelang debat antara Hillary Clinton dan Bernie Sanders di Miami pada 9 Maret 2016. AFP/Gaston De Cardenas

WASHINGTON, SATUHARAPAN.COM – Hillary Clinton memenangkan pemilu primer untuk Partai Demokrat di Mississipi, ungkap media Amerika Serikat (AS) pada hari Rabu (9/3), menambahkan keunggulan atas pesaingnya sesama anggota Demokrat Bernie Sanders.

Pemilu nominasi calon presiden AS untuk Partai Demokrat di negara bagian selatan itu dianggap sangat sulit ditebak, walaupun CNN memprediksi Donald Trump bakal menang. Hasil awal juga keluar dari Michigan utara – kemenangan besar lainnya di pemilu primer pada Selasa tempat sejumlah tempat pemungutan suara (TPS) ditutup satu jam setelah Mississipi.

Perolehan suara menunjukan Trump bersaing ketat dengan John Kasich di Michigan, sementara di dalam Demokrat sendiri Sanders diramaikan akan mengalahkan Clinton. Simpatisan Republik juga menyumbangkan suara mereka pada Selasa dalam pemilu primer di Idaho dan kaukus Hawaii.

Sementara pada hari Kamis (10/3) bakal calon presiden AS Bernie Sanders memenangi pemilu primer (pendahuluan) di Michigan, negara bagian utara di AS, meski Hillary Clinton dijagokan keluar sebagai pemenang, menurut laporan dari media setempat.

“Malam ini sangat luar biasa di Michigan,” ujar Sanders menjelang berakhirnya perhitungan suara di Michigan, salah satu dari empat negara bagian AS yang menggelar pemilu primer pada hari Selasa.

Dari 97 persen suara yang sudah dilaporkan, senator asal negara bagian Vermont tersebut meraih 50,1 persen suara, sementara Hillary Clinton meraih 48 persen suara. Saat kampanye, Sanders berusaha menarik perhatian pemilih dari kalangan pemuda dengan janji kesetaraan ekonomi yang lebih besar. (AFP).

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home