Loading...
EKONOMI
Penulis: Melki Pangaribuan 16:17 WIB | Senin, 18 Juli 2016

Hingga Juni Serapan APBN KESDM Capai Rp 3 Triliun

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Sudirman Said. (Foto: ebtke.esdm.go.id)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mencatat penyerapan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) hingga bulan Juni tahun 2016 mencapai hampir 30 persen atau setara dengan sekitar Rp 3 triliun.

Menteri ESDM, Sudirman Said, mengatakan tahun anggaran 2016 Kementerian ESDM memperoleh alokasi anggaran senilai Rp 8.563,9 miliar yang terdiri dari Rp 4.326,2 miliar (50,5 persen) belanja barang,  Rp 2.646,5 miliar (30,9 persen) belanja modal, Rp 834,5 miliar (9,7 persen) belanja pegawai dan Rp 756,7 miliar (8,8 persen) berupa output cadangan.

“APBN 2016 serapannya jauh lebih baik daripada tahun tahun sebelumnya. Sekarang ini, jika dibandingkan dengan tahun lalu sudah lima kali lipat serapan dari tahun lalu,” kata Sudirman Said di acara Halal Bi Halal Keluarga Besar ESDM, hari Senin (18/7).

Sudirman menambahkan, tahun lalu serapan anggaran antara Juni-Juli rata-rata masih di bawah 10 persen serapannya. “Sekarang serapannya sudah mendekati hampir 30 persen, sudah di atas 25 persen,” katanya.

Sudirman mengaku mensyukuri capaian ini. Menurutnya capaian ini merupakan progress yang luar biasa.

“Capaian ini merupakan proses panjang yang terencana yang dimulai dengan persiapan dokumentasinya tujuh bulan lebih awal dan proses tender yang seluruhnya selesai di akhir tahun 2015 dan kontrak-kontrak diawal tahun 2016,” katanya.

Sudirman menjelasakan untuk mencapai realisasi anggaran yang maksimal, Kementerian ESDM mengambil beberapa langkah-langkah strategis serta membentuk Unit Percepatan dan Pengendalian Pembangunan Infrastruktur.

“Tim ini bertugas memfasilitasi, melakukan the bottlenecking, melancarkan prosedur-prosedur dan mengatasi hal-hal yang tersumbat. Unit ini telah bekerja sejak bulan Juni 2015 untuk mengoptimalkan penyerapan anggaran Kementerian ESDM sesuai target yang sudah ditetapkan yakni 90 persen untuk anggaran APBN 2016,” katanya. (esdm.go.id)

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home