Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 19:44 WIB | Selasa, 07 Maret 2023

Hongaria Dukung Swedia dan Finlandia Jadi Anggota NATO

Wakil Ketua Parlemen Hongaria, Csaba Hende, berbicara kepada media setelah pertemuan dengan Ketua Parlemen Swedia, Andreas Norlen, di Stockholm, Selasa 7 Maret 2023. Delegasi Hongaria, dengan anggota dari partai pemerintahan Perdana Menteri Viktor Orban sedang mengunjungi Stockholm . (Foto: Caisa Rasmussen/TT via AP)

KOPENHAGEN, SATUHARAPAN.COM-Delegasi parlemen dari Hongaria mengatakan pada hari Selasa (7/3) bahwa mereka mendukung tawaran keanggotaan NATO pada Swedia setelah bertemu dengan ketua parlemen Swedia untuk menyelesaikan apa yang disebut partai pemerintah Hongaria sebagai "perselisihan politik."

Beberapa anggota parlemen Hungaria telah menimbulkan keraguan tentang apakah akan mendukung aplikasi keanggotaan NATO oleh Swedia dan Finlandia, mengutip apa yang mereka sebut "kebohongan terang-terangan" dari Stockholm dan Helsinki pada negara demokrasi Hungaria.

Tetapi delegasi Hungaria pada hari Selasa (7/3) menunjukkan bahwa parlemen di Budapest pada akhirnya akan meratifikasi tawaran NATO Swedia. “Kami mendukung keanggotaan NATO Swedia,” kata wakil ketua parlemen Hungaria, Csaba Hende, kepada kantor berita Swedia TT.

“Kami memperjelas bahwa pemerintah Hongaria, presiden Hongaria, perdana menteri, dan sebagian besar anggota parlemen Hongaria dengan jelas mendukung keanggotaan NATO Swedia,” kata Hende, menurut TT. Dia menambahkan, hubungan bilateral antara Budapest dan Stockholm perlu ditingkatkan.

Pejabat Hungaria telah mengatakan bahwa politisi Swedia dan Finlandia telah mengatakan "kebohongan terang-terangan" tentang Hungaria.

“Sepantasnya politisi Swedia, perwakilan pemerintah dan anggota Parlemen Uni Eropa, berdasarkan fakta yang sama sekali tidak benar, tidak menunjukkan atau menyiratkan bahwa ada kekurangan aturan hukum di suatu negara,” kata Hende kepada TT.

Sebelumnya, Perdana Menteri Hungaria, Viktor Orbán, mengatakan bahwa “tidak benar bagi mereka untuk meminta kami untuk membawa mereka ke kapal saat mereka menyebarkan kebohongan terang-terangan tentang Hungaria, tentang supremasi hukum di Hungaria, tentang demokrasi kita dan tentang kehidupan di sini.”

Menurut Aron Emilsson, ketua komite urusan luar negeri parlemen Swedia, yang juga bertemu dengan delegasi Hongaria, Hongaria tidak mengajukan persyaratan apa pun. “Kami berbicara tentang memperkuat dan meningkatkan hubungan bilateral dan memahami tradisi konstitusi masing-masing,” katanya kepada TT.

Delegasi, yang bertemu dengan pembicara majelis Swedia, Andreas Norlén, di Stockholm, juga akan mengunjungi Finlandia untuk mengklarifikasi posisi mereka. Perjalanan ke dua negara Nordik menunda rencana untuk meratifikasi aplikasi, mendorong pemungutan suara mundur dua pekan.

Parlemen Hongaria sekarang akan memberikan suara pada tindakan tersebut selama sesi yang dimulai pada 20 Maret. Hongaria adalah satu-satunya negara anggota NATO selain Turki yang belum menyetujui tawaran keanggotaan Swedia dan Finlandia.

Tetangga Eropa utara itu melepaskan kenetralan militer lama mereka dan mencari keanggotaan NATO pada Mei sebagai tanggapan atas perang Rusia di Ukraina.

Kunjungan berlangsung sementara pertemuan dua hari informal para menteri pertahanan Uni Eropa berlangsung di Stockholm, dan sebagai Sekretaris Jenderal NATO, Jens Stoltenberg, bertemu dengan Perdana Menteri Swedia, Ulf Kristersson, di ibu,kota. Swedia saat ini memegang jabatan presiden bergilir Uni Eropa. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home