Loading...
SAINS
Penulis: Reporter Satuharapan 09:39 WIB | Senin, 07 Mei 2018

Hotel-hotel Pintar Jadi Tren di Jepang

Hotel-hotel baru di Jepang bermunculan dengan memanfaatkan teknologi tinggi seperti robot dan gawai pintar untuk melayani wisatawan yang tidak berbahasa Jepang. (Foto: The Christian Science Monitor)

TOYO, SATUHARAPAN.COM – Robot dan gawai pintar kini menjadi wajah di beberapa hotel baru di Jepang. Pemilik hotel menggunakan cara berteknologi tinggi untuk secara bersahabat menyambut para tamu yang tidak dapat berbahasa Jepang.

Sebuah agen perjalanan besar membuka apa yang disebut dengan hotel pintar itu pada bulan April di Hamamatsucho, Tokyo pusat. Robot-robot berbentuk seperti manusia menyambut tamu di resepsionis dengan bahasa Inggris, Tiongkok, Korea, atau Jepang. Robot-robot itu juga bertugas sebagai juru bersih-bersih.

Pejabat hotel menyatakan teknologi membantu meringankan beban kekurangan tenaga kerja di Jepang.

Di sebuah hotel lain di Akihabara, Tokyo pusat, tamu dapat mengatur cahaya, pendingin udara, dan gorden dengan telepon pintar atau speaker pintar. Pengelola hotel mengatakan 80 persen pengunjungnya berasal dari luar negeri. Hotel ini dipromosikan sebagai tempat menginap yang ramah teknologi. Pengunjung dapat tinggal meski tidak bisa berbahasa Jepang.

Hotel-hotel di Jepang kini semakin menggunakan robot dan teknologi yang disebut dengan Internet of Things (IoT), seiring dengan jumlah wisatawan asing yang meningkat. (nhk.or.jp)

Editor : Sotyati

Kampus Maranatha
BPK Penabur
Zuri Hotel
Back to Home