Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 12:05 WIB | Senin, 25 April 2022

Houthi Yaman Tawarkan Pertukaran Tahanan Sebelum Idul Fitri

Pejuang Yaman yang setia kepada Houthi yang didukung Iran mengangkat senjata mereka selama rapat umum di ibu kota Sanaa, pada 20 Mei 2021. (Foto: dok. AFP)

SANAA, SAT5UHARAPAN.COM-Gerakan Houthi Yaman yang bersekutu dengan Iran mengajukan tawaran baru kepada PBB, termasuk pembebasan 200 tahanan dari masing-masing pihak yang bertikai di Yaman sebelum Idul Fitri, TV Al-Masirah mengatakan pada hari Minggu (24/4) mengutip kepala pemberontak Houthi, komite urusan tahanan, Abdul Qader al-Murtada.

Murtada mengatakan alasan tawaran baru itu adalah penundaan implementasi perjanjian pertukaran tahanan, menambahkan kelompok itu menunggu tanggapan dari Koalisi Arab, yang diharapkan akan positif.

Bulan lalu, pihak-pihak yang bertikai di Yaman membahas kemungkinan pertukaran tahanan bagi ratusan tahanan untuk dibebaskan, termasuk 16 warga negara Arab Saudi dan saudara dari mantan Presiden Yaman, Abd-Rabbu Mansour Hadi, tetapi tidak ada kesepakatan akhir yang dicapai sejak itu.

Murtada mengatakan bahwa kesepakatan itu, di bawah naungan Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB), dapat membebaskan 1.400 tahanan Houthi dengan imbalan 823 tahanan koalisi, termasuk 16 warga Arab Saudi dan tiga tahanan Sudan.

Awal bulan ini, pihak-pihak yang bertikai dalam konflik tujuh tahun Yaman menyetujui gencatan senjata nasional untuk pertama kalinya dalam beberapa tahun, di bawah kesepakatan yang ditengahi PBB. (AFP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home