Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 10:47 WIB | Rabu, 16 Juni 2021

Hujan Deras, Beberapa Kecamatan di Bekasi Dilanda Banjir

Petugas BPBD Kota Bekasi dan petugas gabungan melakukan evakuasi warga terdampak banjir di Kota Bekasi, hari Selasa (15/6). (Foto: BPBD Kota Bekasi)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM-Hujan intensitas tinggi pada Selasa (15/6) malam menyebabkan banjir di  sejumlah kecamatan di Kota Bekasi, Provinsi Jawa Barat dengan tinggi muka air (TMA) hingga 90 Centimeter.

Kecamatan yang terdampak antara lain, Kecamatan Mustika Jaya (Kelurahan Mustika Jaya), Kecamatan Pondok Gede (Kelurahan Jatimakmur), Kecamatan Rawa Lumbu (Kelurahan Pengasinan), Kecamatan Bekasi Selatan (Kelurahan Jaka Setia).

Banjir juga terjadi di Kecamatan Bekasi Timur, Kecamatan Bekasi Barat, Kecamatan Medan Satria, Kecamatan Bantar Gebang, Kecamatan Bekasi Utara.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bekasi melakukan kaji cepat di lokasi kejadian dan assessment ke beberapa wilayah titik genangan. Petugas juga melakukan evakuasi warga yang terjebak banjir serta mensiagakan perahu untuk melakukan giat evakuasi di beberapa titik.

Berdasarkan prakiraan cuaca yang dikeluarkan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Kota Bekasi berpotensi mengalami hujan yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang pada waktu siang atau sore hingga malam hari pada hari Rabu ini (16/6) serta siang atau sore dan dini hari pada Kamis (17/6).

Menurut indeks kajian risiko bencana yang dipantau melalui InaRisk, Kota Bekasi memiliki potensi bahaya banjir dalam kategori sedang hingga tinggi yang berdampak pada 12 kecamatan dengan cakupan luas wilayah 7.793 hektare.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home