Loading...
DUNIA
Penulis: Diah Anggraeni Retnaningrum 17:10 WIB | Senin, 21 Desember 2015

Hungaria Tuding Austria Bodoh Tangani Krisis Pengungsi

Ilustrasi. Gadis kecil pengungsi bergerak di bawah kawat berduri, saat ia melintasi dari Serbia ke Hongaria, di Roszke, Kamis (27/8/2015). Lebih dari 10.000 migran, termasuk banyak wanita dengan bayi dan anak kecil, telah menyeberang ke Serbia selama beberapa hari terakhir dan menuju menuju Hongaria. (Foto: usnews.com/AP Photo /Darko Bandic)

BUDAPEST, SATUHARAPAN.COM – Hungaria menuding Austria tidak bisa membedakan antara solidaritas dan kebodohan setelah Wina mengatakan negara-negara yang menolak kuota pengungsi berdasarkan keputusan Uni Eropa harus dijatuhi sanksi.

Kanselir Austria Werner Faymann mengatakan negara-negara yang tidak mendukung program tersebut dan menerima lebih banyak dana dari Uni Eropa dibandingkan dana yang mereka kucurkan harus menerima pemotongan subsidi.

“Kanselir Austria tidak bisa melihat perbedaan antara solidaritas dan kebodohan,” ujar Menteri Luar Negeri Hungaria Peter Szijjarto.

“Solidaritas adalah membantu mereka yang berada dalam bahaya di tempat mereka tinggal dan membantu memulangkan mereka ketika konflik sudah usai,” ujar Szijjarto kepada kantor berita nasional Hungaria MTI, Minggu (20/12).

“Kebodohan adalah membiarkan ratusan ribu orang – bahkan jutaan – masuk ke Eropa tanpa kontrol, sementara warga Eropa dan imigran bisa melihat mereka tidak akan pernah mendapatkan apa yang mereka harapkan di sini,” ujarnya.

Menurut rencana distribusi 160.000 pengungsi dan imigran di Uni Eropa, Slowakia dan Hungaria masing-masing akan menerima sekitar 2.300 orang. Namun, rencana tersebut sulit untuk diimplementasikan. (AFP)

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home