Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 12:16 WIB | Sabtu, 03 September 2022

IAEA: Opreasi Militer Dekat Pembangkit Nuklir Ukraina Sangat Mengkhawatirkan

Foto dari Layanan Pers Kementerian Pertahanan Rusia pada Jumat 2 September 2022, direktur Badan Energi Atom Internasional (IAEA) Rafael Grossi, pemimpin misi, tengah,dengan helm putih, dan anggota IAEA berjalan sambil memeriksa Zaporizhzhia Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir di Enerhodar, Ukraina tenggara Kamis 1 September 2022. (Foto: Layanan Pers Kementerian Pertahanan Rusia via AP)

ZAPORIZHZHIA, SATUHARAPAN.COM-Pertempuran berkecamuk pada hari Jumat (2/9) di dekat pembangkit listrik tenaga nuklir terbesar Eropa di daerah yang dikuasai Rusia di Ukraina timur. Itu terjadi ketika inspektur dari badan pengawas nuklir PBB (IAEA) menyatakan keprihatinan atas "integritas fisik" fasilitas itu tetapi tidak menyalahkan kedua pihak yang bertikai.

Direktur Jenderal Badan Energi Atom Internasional (IAEA), Rafael Grossi, mengatakan dia mengharapkan untuk menghasilkan laporan "awal pekan depan, segera setelah kami memiliki gambaran lengkap tentang situasi pada akhir akhir pekan, kurang lebih."

Berbicara kepada wartawan di Wina setelah kembali dari pembangkit listrik tenaga nuklir Zaporizhzhia, dia mengatakan akan memberi pengarahan kepada Dewan Keamanan PBB pada hari Selasa (6/9).

“Kami telah melihat apa yang saya minta untuk dilihat, semua yang saya minta untuk dilihat,” kata Grossi, menambahkan bahwa kekhawatiran besarnya adalah “integritas fisik” pembangkit, pasokan listrik ke fasilitas dan situasi staf.

“Aktivitas dan operasi militer meningkat di bagian negara itu, dan ini sangat mengkhawatirkan saya,” katanya. “Jelas bahwa kemungkinan statistik dari lebih banyak kerusakan fisik hadir.”

Dia mencatat bahwa penembakan dimulai pada bulan Agustus dan "ini jelas merupakan tren yang lebih baru," tetapi tidak menyalahkan kerusakan yang telah dilakukan sejauh ini.

Kepala pengawas nuklir Ukraina, Oleh Korikov, mengatakan para pejabat Ukraina “ingin tindakan dan pernyataan yang lebih tegas” dari inspektur IAEA. "Tapi mari kita tunggu sampai misi selesai," tambahnya.

Pihak berwenang lokal yang ditunjuk Rusia mengatakan pada hari Jumat (2/9) bahwa staf di pabrik itu menyalakan kembali reaktor utama hanya beberapa jam setelah penembakan sehari sebelumnya memaksanya untuk ditutup.

Operator energi nuklir Ukraina, Energoatom mengkonfirmasi di saluran Telegramnya bahwa reaktor yang diaktifkan kembali telah disambungkan kembali ke jaringan listrik.

Aleksandr Volga, walikota Enerhodar yang didukung Kremlin, tempat pabrik Zaporizhizhia berada, mengatakan kepada kantor berita Interfax bahwa fasilitas itu sekarang memiliki dua reaktor yang berfungsi, dari total enam.

Kepala Dewan Keamanan Nasional Ukraina yang kuat, Oleksiy Danilov, mengatakan pihak berwenang Ukraina tidak sepenuhnya menyadari situasi di dalam pabrik untuk saat ini, meskipun ada tim IAEA yang hadir pada hari Kamis.

Dalam sebuah wawancara dengan The Associated Press, Danilov, seorang pejabat kunci dalam upaya perang Ukraina, mengatakan: "Saya ingin menekankan bahwa ini adalah tantangan bagi seluruh dunia, bagaimana membuat fasilitas nuklir ini tidak berbahaya."

Rusia dan Ukraina saling menyalahkan atas penembakan yang menyebabkan penutupan sementara reaktor pada hari Kamis oleh sistem perlindungan daruratnya. Energoatom mengatakan serangan itu merusak jalur catu daya cadangan yang digunakan untuk kebutuhan internal, dan salah satu reaktor pembangkit yang tidak beroperasi dialihkan ke generator diesel.

Kementerian Pertahanan Inggris mengatakan Jumat sebelumnya bahwa penembakan berlanjut di daerah dekat pabrik, dan kantor Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy mengatakan penembakan Rusia merusak rumah, jaringan pipa gas dan infrastruktur lainnya di tepi lain Sungai Dnieper, bagian dari pertempuran di beberapa daerah timur dan selatan Ukraina dalam semalam.

Pejabat yang didukung Rusia di Enerhodar mengklaim pasukan Rusia telah menembak jatuh sebuah pesawat tak berawak Ukraina bersenjata di dekat pabrik pada hari Jumat. "Militan Ukraina, tampaknya, terus mencoba menyerang pabrik itu meskipun ada pegawai IAEA di sana," kata layanan pers pemerintah kota dalam sebuah pernyataan.

Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy, dalam pidato malamnya pada hari Kamis, mengeluarkan kata-kata keras untuk delegasi IAEA. Sambil memuji kedatangannya di pabrik, dia mengatakan bahwa wartawan independen dilarang meliput kunjungan tersebut, memungkinkan Rusia untuk menyajikan "tur sia-sia" sepihak.

Dalam panggilan konferensi dengan wartawan pada hari Jumat, juru bicara Kremlin, Dmitry Peskov, mengatakan Moskow menganggap "positif" kedatangan misi, "terlepas dari semua masalah dan kesulitan yang disebabkan oleh tindakan provokatif pihak Ukraina."

Delegasi beranggotakan 14 orang itu tiba dengan konvoi SUV dan van setelah berbulan-bulan negosiasi untuk memungkinkan para ahli melewati garis depan. Mereka menerjang tembakan dan ledakan artileri di sepanjang rute.

Grossi mengatakan pada hari Jumat bahwa enam ahli agensi tetap berada di pabrik, dan akan ada "kehadiran permanen di lokasi ... dengan dua ahli kami yang akan melanjutkan pekerjaan." Dia tidak spesifik tentang berapa lama tepatnya dua ahli akan tinggal.

“Perbedaan antara berada di sana dan tidak berada di sana seperti siang dan malam,” katanya.

Pabrik telah diduduki oleh pasukan Rusia tetapi dijalankan oleh para insinyur Ukraina sejak hari-hari awal perang 6 bulan.

Grossi mengatakan ada "modus vivendi profesional" di lokasi tersebut. Dia mengatakan “sangat mengagumkan bagi para ahli Ukraina untuk terus bekerja dalam kondisi seperti ini.”

“Ini bukan situasi yang mudah; ini adalah situasi yang menegangkan, ini bukan situasi yang ideal, ini adalah situasi yang dihadapi semua orang,” katanya.

Ukraina menuduh Rusia menggunakan pabrik itu sebagai tameng untuk melancarkan serangan. Pada hari Jumat, Menteri Pertahanan Rusia, Sergei Shoigu, menolak tuduhan Ukraina dan mengatakan Rusia tidak memiliki senjata berat baik di lokasi atau di daerah terdekat.

Shoigu mengatakan pasukan Ukraina telah menembakkan 120 peluru artileri dan menggunakan 16 drone bunuh diri untuk menghantam pabrik, "meningkatkan ancaman nyata dari bencana nuklir di Eropa." Di tempat lain di Ukraina pada hari Jumat, kantor Zelenskyy mengatakan empat orang tewas dan 10 terluka selama hari terakhir di wilayah Donetsk timur, pusat utama invasi Rusia. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home