Loading...
RELIGI
Penulis: Sabar Subekti 12:35 WIB | Minggu, 18 Juli 2021

Ibadah Haji Dimulai Sabtu di Mekah

Umat Muslim tiba untuk dibawa ke Masjidil Haram, menjelang ibadah haji tahunan, di kota Mekkah, Arab Saudi pada hari Sabtu (17/7) . (Foto: Reuters)

MEKAH, SATUHARAPAN.COM-Ibadah Haji di Arab Saudi dimulai pada hari Sabtu (17/7) di bawah tindakan pencegahan COVID-19 yang ketat. Ini adalah tahun kedua berturut-turut ibadah Islam tahunan telah diadakan dalam keadaan khusus.

Peziarah mulai berduyun-duyun ke Mekah pada hari Sabtu pagi sebagai persiapan untuk memulai ritual, yang merupakan salah satu dari lima rukun Islam dan ritual untuk setiap Muslim yang mampu.

Ratusan Muslim tiba di stasiun Al-Zaidi di Mekah, di mana 1.770 bus akan membawa mereka ke halaman Ka'bah setelah izin mereka diperiksa. menjelang haji, jemaah haji diminta mengunduh aplikasi seluler Shaaer Smart Card.

Di aplikasi, detail pribadi dan tempat tinggal seorang peziarah, serta aplikasi haji pintar mereka akan ditampilkan. Kartu Cerdas Shaaer itu terkait dengan status kesehatan peziarah. Ini juga memungkinkan peziarah untuk mendapatkan dan menilai layanan haji, termasuk mengakses berbagai transportasi di sekitar halaman Mekah dan sepanjang perjalanan haji mereka.

Mekah biasanya menyambut lebih dari 2,5 juta Muslim dari seluruh dunia untuk ibadah haji. Namun, karena pandemi virus corona, haji tahun ini dibatasi hanya 60.000 orang yang tinggal di Arab Saudi yang telah divaksinasi.

Tahun lalu, hanya beberapa bulan setelah wabah dimulai, Arab Saudi hanya mengizinkan 10.000 orang yang tinggal di negara itu untuk melakukan ritual tersebut.

Pihak berwenang Saudi mengatakan bahwa mereka berharap untuk mengulangi keberhasilan haji tahun lalu, yang ditandai dengan organisasi yang sangat besar dan komitmen penuh dari pejabat dan peziarah untuk mengikuti pedoman pencegahan.

Hanya warga dan warga yang divaksinasi yang diberi izin untuk melakukan ritual tersebut. Mereka juga harus berusia antara 18 dan 65 tahun, tidak menderita penyakit kronis, dan tidak pernah melakukan haji sebelumnya.

Jarak sosial diberlakukan setiap saat selama haji untuk memastikan para jemaah tidak tertular virus corona. Robot juga telah ditempatkan di sekitar halaman Ka'bah untuk menyemprot pembersih sepanjang hari. Beberapa robot lain juga digunakan untuk melayani air Zamzam bagi para peziarah dan pekerja. (Al Arabiya)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home