Loading...
SAINS
Penulis: Melki Pangaribuan 14:00 WIB | Kamis, 27 Oktober 2016

Ibu Negara: Periksa IVA untuk Cegah Kanker Serviks

Ibu Negara: Periksa IVA untuk Cegah Kanker Serviks
Ibu Negara Iriana Joko Widodo didampingi Mufidah Jusuf Kalla meninjau pelaksanaan program deteksi dini kanker serviks di Puskesmas Candi, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, pada hari Kamis (27/10). (Foto-foto: BPMI Setpres)
Ibu Negara: Periksa IVA untuk Cegah Kanker Serviks
Ibu Negara saat berbicara di PT. Ecco Indonesia yang menyelenggarakan Program aksi "Peningkatan Kesehatan Tenaga Kerja Wanita dalam Pencegahan dan Deteksi Dini Kanker pada Perempuan Indonesia 2015-2019" melalui pemeriksaan Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA).
Ibu Negara: Periksa IVA untuk Cegah Kanker Serviks
Ibu Negara dan rombongan tiba di lokasi pelaksanaan program deteksi dini kanker serviks di Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, pada hari Kamis (27/10). Rombongan disambut oleh karyawati PT. Ecco Indonesia yang telah menanti dari pintu gerbang hingga ke lokasi acara.
Ibu Negara: Periksa IVA untuk Cegah Kanker Serviks
Sejumlah wanita dari masyarakat sekitar Puskesmas Candi tampak mendengarkan petugas mengenai program deteksi dini kanker serviks di Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, pada hari Kamis (27/10).

SIDOARJO, SATUHARAPAN.COM - Setelah Jakarta dan Cirebon, Jawa Barat, Ibu Negara Iriana Joko Widodo (Jokowi) melanjutkan kunjungannya ke Sidoarjo, Jawa Timur untuk sosialisasi program deteksi dini kanker serviks, hari Kamis (27/10).

Lokasi yang pertama ditinjau adalah PT. Ecco Indonesia yang menyelenggarakan Program aksi "Peningkatan Kesehatan Tenaga Kerja Wanita dalam Pencegahan dan Deteksi Dini Kanker pada Perempuan Indonesia 2015-2019" melalui pemeriksaan Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA).

Dalam sambutannya, Iriana mengucapkan terima kasih kepada para tenaga kerja wanita di perusahaan tersebut yang sudah memeriksakan IVA untuk mencegah kanker serviks.

"Ini bukan kepentingan saya tapi untuk kepentingan ibu-ibu semua yang ada disini karena dengan pemeriksaan ini kita ingin mengetahui apakah ada gejala atau tidak, alhamdulillah insya Allah, di PT Ecco ini nanti semuanya sehat," kataIriana.

Ibu Negara dan rombongan tiba di lokasi dan disambut oleh karyawati yang telah menanti dari pintu gerbang hingga ke lokasi acara.

"Alhamdulillah saya bersama Ibu Mufidah Jusuf Kalla dan Ibu-ibu OASE sampai di sini dengan penyambutan yang dari jalan gerbang sampai ke sini alhamdulillah semangat semua," kata Iriana disambut tepuk tangan hadirin.

Selain peninjauan program deteksi dini kanker serviks, Ibu Negara juga sempat meninjau para karyawati di perusahaan yang memproduksi sepatu ekspor yang sedang bekerja di dalam pabrik. Perusahaan yang hampir seluruh pegawainya adalah perempuan ini memang menjadi salah satu target dari program deteksi dini kanker seviks bagi tenaga kerja wanita oleh Pemerintah.

Setelah melakukan kunjungan ke PT. Ecco Indonesia, Iriana dan rombongan meninjau Puskesmas Candi, tak jauh dari lokasi peninjauan pertama untuk melakukan peninjauan program serupa bagi sekitar 200 orang masyarakat sekitar. Puskesmas Candi ini, meliputi 24 desa dengan jumlah wanita usia 30-40 tahun mencapai 26.833 orang.

Di Puskesmas Candi, Iriana meninjau pelaksanaan penyuluhan dan sosialisasi bagi masyarakat sekitar tentang pentingnya program deteksi dini pencegahan kanker serviks dan kanker payudara pada perempuan.

Di akhir peninjauan, Ibu Negara sempat membagikan selendang bermotif batik kepada para peserta penyuluhan dan melakukan foto bersama dengan para petugas Puskesmas.

Gerakan Nasional "Percepatan Peran Serta Masyarakat dalam Pencegahan dan Deteksi Dini Kanker pada Perempuan Indonesia" untuk periode 2015-2019 telah dicanangkan oleh Iriana Jokowi pada tanggal 21 April 2015 yang lalu. Untuk memastikan pelaksanaan program tersebut, Iriana telah melakukan sejumlah kunjungan ke sejumlah daerah.

Turut mendampingi Iriana Jokowi antara lain Hj. Mufidah Jusuf Kalla dan Hj. Fatma Saifullah Yusuf beserta istri anggota Kabinet Kerja yang tergabung dalam OASE-KK (Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Kerja). (Setpres)

Editor : Diah Anggraeni Retnaningrum


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home