Loading...
SAINS
Penulis: Melki Pangaribuan 17:03 WIB | Kamis, 01 Desember 2016

Ibu Negara Tinjau Pelaksanaan IVA Test di Pasar Lubuk Buaya

Ibu Negara Tinjau Pelaksanaan IVA Test di Pasar Lubuk Buaya
Ibu Negara Iriana meninjau pelaksanaan program IVA Test dan SADANIS (Pemeriksaan Payudara Klinis) bagi 200 orang pedagang pasar, pengunjung pasar, dan kader kesehatan di sekitar Pasar Lubuk Buaya, Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat, hari Kamis(1/12). (Foto: BPMI Setpres)
Ibu Negara Tinjau Pelaksanaan IVA Test di Pasar Lubuk Buaya
Iriana beserta rombongan tiba di Bandar Udara Internasional Minangkabau disambut 'Tari Pasambahan' oleh sejumlah siswa Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).
Ibu Negara Tinjau Pelaksanaan IVA Test di Pasar Lubuk Buaya
Ibu Negara sempat berdialog dan menghampiri para peserta IVA Test dan memberikan dukungannya.

PADANG, SATUHARAPAN.COM - Ibu Negara Iriana Joko Widodo terus memberikan dukungannya terkait pelaksanaan program deteksi dini kanker leher rahim (serviks) melalui metode IVA Test (Inspeksi Visual Asam Asetat) guna mencegah penyakit kanker pada seluruh perempuan di Indonesia.

Iriana beserta rombongan tiba di Bandar Udara Internasional Minangkabau disambut 'Tari Pasambahan' oleh sejumlah siswa Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Setelahnya Iriana langsung menuju Pasar Lubuk Buaya, Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat, hari Kamis(1/12).

Kehadiran Iriana cukup menyita perhatian dari masyarakat Kota Padang, bahkan banyak di antara mereka yang rela menunggu dari pagi hari guna bertatap muka langsung dengan Ibu Negara.

Di Pasar Lubuk Buaya, Iriana melihat secara langsung pelaksanaan program IVA Test dan SADANIS (Pemeriksaan Payudara Klinis) bagi 200 orang pedagang pasar, pengunjung pasar, dan kader kesehatan di sekitar pasar.

Iriana juga meninjau pelaksanaan pemasangan alat kontrasepsi yang ada di bus pelayanan guna mewujudkan Keluarga Berencana yang menjadi salah satu program pemerintah Indonesia.

Ibu Negara sempat berdialog dan menghampiri para peserta IVA Test dan memberikan dukungannya.

Warga masyarakat di sekitar Pasar Lubuk Buaya juga mendapat perhatian Ibu Negara. Kain batik yang dikemas secara khusus diberikan Iriana kepada masyarakat sekitar sambil sesekali menyapa dan menerima ajakan bersalaman.

35.273 Orang

Di sela-sela peninjauan, Iriana menyempatkan bertanya kepada masyarakat sekitar yang hadir apakah telah mengikuti IVA Test, SADANIS, dan program KB.

"Sudah pada daftar belum, bu?," tanya Iriana.

Para ibu pun serentak menjawab, "Sudah," dan dibalas dengan acungan jempol oleh Iriana sebagai apresiasi atas kesadaran para wanita untuk menjaga kesehatan diri dan juga sebagai bentuk dukungan mereka terhadap program pemerintah.

Iriana bersama dengan Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Kerja (OASE-KK) telah melakukan kegiatan peninjauan serupa secara rutin di sejumlah daerah di Indonesia, di antaranya Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Provinsi DKI Jakarta, Provinsi Jawa Barat, Provinsi Jawa Timur, Provinsi Sumatera Utara dan Provinsi Jawa Tengah.

Berdasarkan informasi dari Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat, saat ini baru 35.273 orang perempuan atau sekira 24,42 persen perempuan di Provinsi Sumatera Barat yang telah menjalani pemeriksaan. Dari jumlah tersebut, terdapat 649 pasien yang positif terjangkit Virus Human Papiloma Virus (HPV).

Diharapkan dengan konsistensi dukungan dan perhatian dari Ibu Negara, cakupan serta capaian deteksi dini kanker leher rahim khususnya di Provinsi Sumatera Barat dan Indonesia pada umumnya dapat terus meningkat.

Dalam kunjungannya kali ini, Iriana didampingi oleh Erni Guntari Tjahjo Kumolo selaku Ketua Umum OASE-KK dan sejumlah istri anggota Kabinet Kerja yang tergabung dalam OASE-KK. (Setpres)

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home