Loading...
HAM
Penulis: Sabar Subekti 19:46 WIB | Sabtu, 18 Maret 2023

ICC Perintahkan Putin Ditangkap, Rusia Menyamakan dengan Kertas Toilet

Presiden Rusia, Vladimir Putin, memimpin pertemuan dengan anggota Dewan Keamanan melalui tautan video di Moskow, Rusia 6 Desember 2022. (Foto: dok. Sputnik/pool via Reuters)

MOSKOW, SATUHARAPAN.COM-Mantan Presiden Rusia, Dmitry Medvedev, pada hari Jumat (17/3) menyamakankan surat perintah penangkapan Pengadilan Kriminal Internasional (ICC) untuk Presiden Vladimir Putin dengan kertas tisu toilet.

“Pengadilan Pidana Internasional (ICC) telah mengeluarkan surat perintah penangkapan terhadap Vladimir Putin. Tidak perlu menjelaskan di mana kertas ini harus digunakan,” kata Medvedev di Twitter, menambahkan emoji tisu toilet.

Perintah melawan Putin tidak berarti karena Rusia bukan milik ICC. Sementara itu, Rusia menyebut surat perintah penangkapan yang dikeluarkan ICC tidak ada artinya.

“Keputusan Mahkamah Pidana Internasional tidak ada artinya bagi negara kita, termasuk dari sudut pandang hukum,” kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia, Maria Zakharova, di saluran Telegramnya.

“Rusia bukan pihak dalam Statuta Roma (tentang) Pengadilan Kriminal Internasional dan tidak memiliki kewajiban di bawahnya.” Kremlin tidak segera menanggapi permintaan komentar.

Maria Lvova-Belova, komisaris Rusia untuk hak-hak anak, seperti Putin yang dituduh oleh ICC atas kejahatan perang dengan mendeportasi ilegal anak-anak dari Ukraina.

“Sangat menyenangkan bahwa komunitas internasional menghargai pekerjaan ini untuk membantu anak-anak negara kita: bahwa kita tidak meninggalkan mereka di zona perang, kita membawa mereka keluar, kita menciptakan kondisi yang baik untuk mereka, kita mengelilingi mereka dengan kasih sayang., orang-orang yang peduli,” katanya kepada wartawan, menurut kantor berita RIA yang dikelola pemerintah.

Kejahatan Perang

Pengadilan Kriminal Internasional mengatakan pada hari Jumat bahwa pihaknya telah mengeluarkan surat perintah penangkapan untuk Presiden Rusia, Vladimir Putin, atas kejahatan perang karena dugaan keterlibatannya dalam penculikan anak-anak dari Ukraina.

Pengadilan mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa Putin "diduga bertanggung jawab atas kejahatan perang berupa deportasi penduduk (anak-anak) yang tidak sah dan pemindahan penduduk (anak-anak) yang tidak sah dari wilayah pendudukan Ukraina ke Federasi Rusia."

ICC juga mengeluarkan surat perintah pada hari Jumat untuk penangkapan Maria Alekseyevna Lvova-Belova, Komisaris Hak Anak di Kantor Presiden Federasi Rusia, atas tuduhan serupa.

Kemungkinan persidangan terhadap orang Rusia mana pun di ICC masih jauh, karena Moskow mengakui yurisdiksi pengadilan dan tidak mengekstradisi warga negaranya.

Ukraina juga bukan anggota ICC, tetapi telah memberikan yurisdiksi ICC atas wilayahnya dan jaksa ICC Karim Khan telah mengunjunginya empat kali sejak membuka penyelidikan setahun lalu.

ICC mengatakan bahwa majelis pra sidangnya menemukan ada “alasan yang masuk akal untuk percaya bahwa setiap tersangka memikul tanggung jawab atas kejahatan perang berupa deportasi penduduk yang tidak sah dan pemindahan penduduk yang tidak sah dari wilayah pendudukan Ukraina ke Federasi Rusia, dengan prasangka anak-anak Ukraina.”

Pernyataan pengadilan mengatakan bahwa “ada alasan yang masuk akal untuk percaya bahwa Putin memikul tanggung jawab pidana individu” atas penculikan anak “karena telah melakukan tindakan secara langsung, bersama-sama dengan orang lain dan/atau melalui orang lain (dan) atas kegagalannya untuk melakukan kontrol dengan benar atas bawahan sipil dan militer yang melakukan tindakan tersebut.”

Pada hari Kamis, sebuah penyelidikan yang didukung PBB mengutip serangan Rusia terhadap warga sipil di Ukraina, termasuk penyiksaan dan pembunuhan sistematis di wilayah yang diduduki, di antara masalah potensial yang merupakan kejahatan perang dan kemungkinan kejahatan terhadap kemanusiaan.

Investigasi menyeluruh juga menemukan kejahatan yang dilakukan terhadap orang Ukraina di wilayah Rusia, termasuk anak-anak Ukraina yang dideportasi yang dicegah untuk bersatu kembali dengan keluarga mereka, sistem "penyaringan" yang bertujuan memilih orang Ukraina untuk ditahan, dan penyiksaan serta kondisi penahanan yang tidak manusiawi.

Namun pada hari Jumat, ICC memasang muka Putin pada tuduhan penculikan anak.

Rusia menandatangani Statuta Roma pada tahun 2000, namun tidak pernah meratifikasinya untuk menjadi anggota ICC, dan akhirnya menarik tanda tangannya pada tahun 2016.

Pada saat itu, Rusia berada di bawah tekanan internasional atas perampasan dan aneksasi Krimea secara sepihak dari Ukraina pada tahun 2014, serta kampanye serangan udara di Suriah untuk mendukung perang Presiden Bashar al-Assad melawan pejuang oposisi. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home