Loading...
RELIGI
Penulis: Prasasta Widiadi 09:07 WIB | Minggu, 05 Oktober 2014

Idul Adha Adalah Landasan Bersikap Konsisten

Idul Adha Adalah Landasan Bersikap Konsisten
Presiden terpilih, Joko Widodo (paling kiri), KH. Said Agil Husin Al Munawar, Sekretaris Daerah, Saefullah, dan Kepala Biro Kesatuan Bangsa dan Politik Pemprov DKI, Fatahillah (paling kanan) saat shalat Idul Adha 1435 H di Kantor Gubernur DKI Jakarta. (Foto-foto: Prasasta Widiadi).
Idul Adha Adalah Landasan Bersikap Konsisten
Joko Widodo (ketiga dari kiri), di tengah-tengah jamaah Shalat Idul Adha 1435 H.
Idul Adha Adalah Landasan Bersikap Konsisten
Said Agil Husin Al Munawar saat menerima Joko Widodo beberapa saat sebelum shalat idul Adha dimulai.
Idul Adha Adalah Landasan Bersikap Konsisten
Jamaah Shalat Idul Adha 1435 H yang tengah khusyuk berdoa di halaman Kantor Gubernur DKI Jakarta.
Idul Adha Adalah Landasan Bersikap Konsisten
Jamaah Shalat Idul Adha 1435 H yang tengah khusyuk berdoa di halaman Kantor Gubernur DKI Jakarta.
Idul Adha Adalah Landasan Bersikap Konsisten
KH. Said Agil Husin Al Munawar saat menyampaikan khotbah Idul Adha di hadapan jamaah.

JAKARTA, SATUHARAPAN..COM – KH Said Agil Husin Al Munawar, MA mengemukakan bahwa Idul Adha 1435 Hijriyah yang diperingati umat Islam sebagai sarana membangun sikap untuk konsistensi dalam segala tindakan dan perbuatan sehari-hari.

Hal ini merupakan salah satu dari khotbah yang dia sampaikan di hadapan jamaah pada  Shalat Idul Adha 1435 H di halaman Kantor Gubernur DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Minggu (5/10).

“Insyaallah dengan kualitas keimanan dan ketakwaan maka Idul Adha akan membangun sikap istiqomah (konsistensi) dalam setiap individu,” kata Said Agil.

Said Agil bertindak selaku imam dan khotib dalam shalat Idul Adha 1435 Hijriyah ini. Said mengutarakan Idul Adha adalah berkorban, tidak hanya satu hal, tetapi kita harus melepaskan banyak tekanan dari harta duniawi dan kepentingan sesaat demi kemajuan banyak hal.

“Idul Adha mengingatkan kita (manusia) sebagai insan yang dirahmati Allah untuk membangun sikap konstruktif yang dapat menjadi contoh bagi sesama, Idul Adha tidak juga merupakan pengorbanan kita di hadapan Allah yang paling besar,” Said Agil menambahkan.

Presiden terpilih, Joko Widodo dan Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta, Saefullah menunaikan ibadah shalat Idul Adha dan duduk di saf terdepan bersama Said Agil Al Munawar.

Said Agil mengajak seluruh jamaah yang memadati Kantor Gubernur DKI Jakarta untuk mendoakan umat Islam yang saat ini sedang menunaikan ibadah haji di Arab Saudi.

“Mudah-mudahan mereka menjadi haji yang mabrur, dan seluruh ibadah diterima di sisi Allah Swt,” kata Said Agil.

Said Agil mengemukakan bahwa ibadah haji sebagai kewajiban yang digariskan Allah Swt merupakan ibadah yang dinamis, dan makna yang sesungguhnya haji tidak mengenal batas ruang dan waktu.

Tema yang dicanangkan Pemprov DKI Jakarta dalam shalat Idul Adha 1435 Hijriyah adalah Kita Jadikan Hikmah Berkurban untuk Memantapkan Keimanan dan Ketakwaan kepada Allah SWT guna meningkatkan kualitas aparatur pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang Amanah dan Profesional.

Sebelum Said Agil memberi khotbah di hadapan para jamaah Shalat Idul Adha, Sekretaris Dewan Korps Pegawai Negeri Republik Indonesia (Korpri) Provinsi DKI Jakarta, Sugeng Irianto mengatakan halaman Kantor Gubernur DKI Jakarta juga terbuka bagi warga sekitar yang akan melakukan shalat Ied.

“Warga di sekitar Balaikota DKI Jakarta juga menjalankan shalat Ied saat ini karena memiliki daya tampung hingga 1.500 jamaah," kata Sugeng.

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home