Loading...
FLORA & FAUNA
Penulis: Sabar Subekti 08:34 WIB | Rabu, 22 Juni 2022

Ikan Pari Raksasa Terbesar Ditangkap di Sungai Mekong, Kamboja

Ikan Pari Raksasa Terbesar Ditangkap di Sungai Mekong, Kamboja
Foto yang disediakan oleh Wonders of the Mekong ini diambil pada 14 Juni 2022, seorang pria menyentuh ikan pari air tawar raksasa sebelum dilepaskan kembali ke Sungai Mekong di Provinsi Stung Treng, Kamboja. Seorang nelayan setempat menangkap ikan pari seberat 661 pon (300 kilogram), yang memecahkan rekor sebagai ikan air tawar terbesar yang diketahui di dunia dan memberinya hadiah US$600. (Foto: Chhut Chheana/Wonders of Mekong via AP)
Ikan Pari Raksasa Terbesar Ditangkap di Sungai Mekong, Kamboja

PHENOM PENH, SATUHARAPAN.COM-Ikan air tawar terbesar yang tercatat di dunia, ikan pari raksasa, telah ditangkap di Sungai Mekong di Kamboja, menurut para ilmuwan dari negara Asia Tenggara dan Amerika Serikat.

Ikan pari, yang ditangkap pada 13 Juni, berukuran hampir empat meter (13 kaki) dari moncong ke ekor dan beratnya sedikit di bawah 300 kilogram (660 pon), menurut sebuah pernyataan pada hari Senin (20/6) oleh Wonders of the Mekong, proyek penelitian gabungan Kamboja-AS.

Rekor sebelumnya untuk ikan air tawar adalah ikan lele raksasa Mekong seberat 293 kilogram (646 pon), ditemukan di Thailand pada tahun 2005, kata kelompok itu.

Ikan pari itu ditangkap oleh seorang nelayan lokal di selatan Stung Treng di timur laut Kamboja. Nelayan itu memberi tahu tim ilmuwan terdekat dari proyek Keajaiban Mekong, yang telah mempublikasikan pekerjaan konservasinya di masyarakat di sepanjang sungai.

Para ilmuwan tiba dalam beberapa jam setelah menerima telepon setelah tengah malam dengan berita tersebut, dan kagum dengan apa yang mereka lihat.

“Ya, ketika Anda melihat ikan seukuran ini, terutama di air tawar, sulit untuk dipahami, jadi saya pikir semua tim kami tercengang,” kata pemimpin Keajaiban Mekong, Zeb Hogan, dalam sebuah wawancara online dari University of Nevada di Reno. Universitas ini bermitra dengan Administrasi Perikanan Kamboja dan USAID, badan pembangunan internasional pemerintah AS.

Ikan air tawar didefinisikan sebagai ikan yang menghabiskan seluruh hidupnya di air tawar, berbeda dengan spesies laut raksasa seperti tuna sirip biru dan marlin, atau ikan yang bermigrasi antara air tawar dan air asin seperti sturgeon, beluga besar.

Penangkapan ikan pari bukan hanya tentang membuat rekor baru, katanya. “Fakta bahwa ikan masih bisa sebesar ini adalah tanda harapan bagi Sungai Mekong,” kata Hogan, mencatat bahwa jalur air menghadapi banyak tantangan lingkungan.

Sungai Mekong mengalir melalui China, Myanmar, Laos, Thailand, Kamboja, dan Vietnam. Ini adalah rumah bagi beberapa spesies ikan air tawar raksasa, tetapi tekanan lingkungan meningkat. Secara khusus, para ilmuwan khawatir program besar pembangunan bendungan dalam beberapa tahun terakhir mungkin secara serius mengganggu tempat pemijahan.

 “Ikan besar secara global terancam punah. Mereka adalah spesies bernilai tinggi. Mereka membutuhkan waktu lama untuk menjadi dewasa. Jadi jika mereka ditangkap sebelum dewasa, mereka tidak memiliki kesempatan untuk berkembang biak,” kata Hogan.

“Ikan-ikan besar ini banyak yang bermigrasi, sehingga membutuhkan lahan yang luas untuk bertahan hidup. Mereka dipengaruhi oleh hal-hal seperti fragmentasi habitat dari bendungan, jelas dipengaruhi oleh penangkapan ikan yang berlebihan. Jadi sekitar 70% ikan air tawar raksasa secara global terancam punah, dan semua spesies Mekong.”

Tim yang bergegas ke lokasi memasukkan alat penanda di dekat ekor ikan perkasa sebelum melepaskannya. Perangkat akan mengirimkan informasi pelacakan untuk tahun depan, memberikan data yang belum pernah terjadi sebelumnya tentang perilaku ikan pari raksasa di Kamboja.

“Ikan pari raksasa adalah ikan yang sangat kurang dipahami. Namanya, bahkan nama ilmiahnya, telah berubah beberapa kali dalam 20 tahun terakhir,” kata Hogan. “Ini ditemukan di seluruh Asia Tenggara, tetapi kami hampir tidak memiliki informasi tentangnya. Kami tidak tahu tentang sejarah hidupnya. Kami tidak tahu tentang ekologinya, tentang pola migrasinya.”

Para peneliti mengatakan itu adalah ikan pari raksasa keempat yang dilaporkan di daerah yang sama dalam dua bulan terakhir, semuanya betina. Mereka pikir ini mungkin hotspot pemijahan untuk spesies tersebut.

Penduduk setempat menjuluki ikan pari “Boramy” atau “bulan purnama” karena bentuknya yang bulat dan karena bulan berada di cakrawala ketika dibebaskan pada 14 Juni. Nelayan yang beruntung diberi kompensasi dengan harga pasar, yang berarti dia menerima pembayaran sekitar US$600. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home