Loading...
FLORA & FAUNA
Penulis: Sabar Subekti 20:45 WIB | Sabtu, 19 Juni 2021

“Ikan Purba” Coelacanth Bisa Hidup Hingga 100 Tahun

Ikan ini tumbuh dengan lambat, dan usia kehamilan ikan ini diketahui hingga lima tahun.
“Ikan Purba” Coelacanth Bisa Hidup Hingga 100 Tahun
Foto dari Marc Herbin menunjukkan tahap perkembangan ikan coelacanth. "Fosil hidup", yang masih ada sejak zaman dinosaurus, dapat hidup selama 100 tahun, menurut sebuah penelitian yang dirilis dalam “Current Biology” edisi Kamis, (17/6). (Foto: Marc Herbin/MNHN via AP)
“Ikan Purba” Coelacanth Bisa Hidup Hingga 100 Tahun
Foto bertanggal 21 Maret 1954 menunjukkan pengunjung Museum Sejarah Alam di Paris melihat pameran coelacanth. (Foto: dok. AP/Pierre Godot)

SATUHARAPAN.COM-Coelacanth, ikan purba yang aneh yang sudah ada sejak zaman dinosaurus, dapat hidup selama 100 tahun, menurut temuan sebuah studi baru.

Ikan laut dalam yang bergerak lambat dan berukuran sebesar manusia ini, dijuluki "fosil hidup", adalah kebalikan dari dugaan cepat mati. Ikan nokturnal ini tumbuh dengan kecepatan yang sangat lambat.

Betina tidak mencapai kematangan seksual sampai akhir usia 50-an, kata studi tersebut, sementara coelacanth jantan matang secara seksual pada usia 40 hingga 69 tahun. Dan mungkin yang paling aneh dari semuanya, peneliti memperkirakan kehamilan pada ikan berlangsung sekitar lima tahun.

Coelacanth, yang telah ada selama 400 juta tahun, dianggap punah sampai mereka ditemukan hidup pada tahun 1938 di lepas pantai Afrika Selatan. Sebagai catatan tambahan, ikan ini juga pernah ditemukan di Sulawesi Utara oleh peneliti kelautan dari Jepang.

Para ilmuwan lama percaya bahwa coelacanth hidup sekitar 20 tahun. Tetapi dengan menerapkan teknik standar untuk penanggalan ikan komersial, para ilmuwan Prancis menghitung bahwa mereka benar-benar hidup hampir satu abad, menurut sebuah penelitian di “Current Biology”, hari Kamis (17/6).

Coelacanth sangat terancam punah sehingga para ilmuwan hanya dapat mempelajari spesimen yang sudah ditangkap dan mati.

Di masa lalu, para ilmuwan menghitung usia ikan dengan menghitung garis besar pada skala coelacanth tertentu. Tetapi para ilmuwan Prancis menemukan bahwa mereka kehilangan garis yang lebih kecil yang hanya bisa dilihat menggunakan cahaya terpolarisasi, teknik yang digunakan untuk mengetahui usia ikan komersial.

Rekan penulis, Bruno Ernande, seorang ahli ekologi evolusi kelautan di lembaga penelitian kelautan Prancis, mengatakan cahaya terpolarisasi mengungkapkan lima garis kecil untuk setiap garis besar. Para peneliti menyimpulkan garis yang lebih kecil berkorelasi lebih baik dengan satu tahun usia coelacanth, dan itu menunjukkan spesimen tertua mereka berusia 84 tahun.

Dengan menggunakan teknik tersebut, para ilmuwan mempelajari dua embrio dan menghitung yang terbesar berusia lima tahun dan yang termuda berusia sembilan tahun. Jadi, kata Ernande, mereka memperkirakan kehamilan berlangsung setidaknya lima tahun pada coelacanth, yang memiliki kelahiran hidup.

Kehamilan lima tahun itu "sangat aneh" untuk ikan atau hewan apa pun, kata Harold Walker dari Scripps Institution of Oceanography, yang bukan bagian dari penelitian.

Meskipun coelacanth tidak berhubungan secara genetik dan menunjukkan perbedaan evolusi yang luas, mereka menua dengan lambat seperti penghuni laut dalam lainnya, hiu dan pari, kata Ernande. “Mereka mungkin telah mengembangkan sejarah kehidupan yang serupa, karena mereka berbagi habitat dengan tipe yang sama,” katanya. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home