Loading...
SAINS
Penulis: Reporter Satuharapan 10:06 WIB | Rabu, 27 November 2019

Ilmuwan China Kembangkan Serat Buatan Serupa Sutra Laba-laba

Ilmuwan China berhasil mengembangkan sejenis serat dengan kualitas menyerupai jaring sutra laba-laba, menurut Science and Technology Daily pada Selasa (26/11). (Foto: Cosmos Magazine)

BEIJING, SATUHARAPAN.COM – Ilmuwan China berhasil mengembangkan sejenis serat dengan kualitas menyerupai jaring sutra laba-laba, menurut Science and Technology Daily pada Selasa (26/11).

Para ilmuwan dari Universitas Nankai mengembangkan metode sintetis sederhana untuk merekayasa sutra laba-laba buatan menggunakan serat hidrogel yang terbuat dari asam poliakrilat. Bahan tersebut memiliki sifat mekanis yang sebanding dengan sutra laba-laba. Bahan itu juga memiliki kekuatan tinggi, elastisitas lambat, dan skalabilitas yang baik.

Sutra laba-laba merupakan salah satu serat alami terkuat dan terkeras, serta memiliki sifat mekanis yang unggul. Para ilmuwan berupaya meniru sifat-sifatnya untuk berbagai penerapan. Banyak upaya telah dilakukan untuk mengembangkan sutra laba-laba buatan dengan protein sutra, namun metode ini tidak cocok untuk produksi massal.

Penelitian ini juga akan memungkinkan desain serat baru yang dapat digunakan untuk penyerapan energi dan pengurangan dampak.

Penelitian ini diterbitkan dalam jurnal Nature Communications. (Xinhua/Ant)

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home