Loading...
EKONOMI
Penulis: Sabar Subekti 18:51 WIB | Rabu, 17 Agustus 2022

IMF: Tahun ini Pertumbuhan Ekonomi Saudi Mungkin Yang Tercepat di Dunia

Pemandangan umum menunjukkan gedung perkantoran di Kota Digital Al-Riyadh di ibu kota Arab Saudi, Riyadh pada 28 Februari 2022. (Foto: dok. AFP)

RIYADH, SATUHARAPAN.COM-Arab Saudi kemungkinan akan menjadi salah satu ekonomi dengan pertumbuhan tercepat di dunia pada tahun ini, karena reformasi pro bisnis dan pemulihan dari resesi yang disebabkan pandemi, kata Dana Moneter Internasional (IMF) mengatakan pada hari Rabu (17/8).

Produk Domestik Bruto (PDB), salah satu ukuran bagaimana ekonomi berjalan, diperkirakan akan mencapai 7,6 persen pada tahun 2022, IMF mengatakan pada hari Rabu, pertumbuhan tercepat yang pernah dilihat negara itu dalam hampir satu dekade menurut laporan oleh badan moneter.

“Arab Saudi mengambil langkah-langkah mengesankan untuk meningkatkan lingkungan bisnis (di negara ini), menarik investasi asing dan menciptakan lapangan kerja sektor swasta,” tulis ekonom IMF, Amine Mati dan Sidra Rehman, dalam sebuah posting blog pada hari Rabu.

“Inisiatif-inisiatif ini, dikombinasikan dengan tata kelola dan reformasi pasar tenaga kerja, telah mempermudah melakukan bisnis (bisnis dapat didaftarkan hanya dalam tiga menit), meningkatkan jumlah fasilitas industri, dan meningkatkan partisipasi perempuan dalam angkatan kerja,” tambah mereka.

Implementasi Visi 2030 negara itu, rencana Arab Saudi untuk mendiversifikasi ekonominya untuk mengurangi ketergantungannya pada pendapatan terkait minyak, akan membantu meliberalisasi ekonomi negara dan “membuka jalan bagi pertumbuhan yang lebih stabil” kata Mati dan Rehman.

Proporsi perempuan Arab Saudi dalam angkatan kerja juga meningkat dua kali lipat dalam empat tahun terakhir menjadi 33 persen, didorong oleh subsidi transportasi hingga 80 persen untuk tarif taksi, insentif untuk perekrutan perempuan dan dukungan pengasuhan anak yang besar, kata para ekonom.

“Prospek ekonomi Arab Saudi kuat,” kata Mati dan Rehman, menambahkan bahwa mempertahankan “kemakmuran jangka panjang Kerajaan sangat bergantung pada keberlanjutan momentum reformasi.” (Al Arabiya)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home