Loading...
EKONOMI
Penulis: Sabar Subekti 07:35 WIB | Jumat, 03 Juli 2020

Indeks Harga Pangan Dunia Bulan Juni Naik

Komoditas pangan di super market. (Foto ilustrasi: Ist.)

SATUHARAPAN.COM-Harga pangan dunia naik pada bulan Juni, kenaikan pertama pada tahun 2020 dan menandai sedikit rebound setelah penurunan tajam yang dipicu oleh pandemi virus corona, kata badan pangan PBB, hari Kamis (2/7).

Indeks harga makanan Organisasi Pangan dan Pertanian (FAO), yang mengukur perubahan bulanan untuk sereal, biji minyak, produk susu, daging dan gula, rata-rata 93,2 poin bulan lalu, naik 2,4% pada bulan Mei.

Di tengah berlanjutnya ketidakpastian pasar, harga minyak nabati, gula, dan produk susu melambung ke level tertinggi beberapa bulan menyusul penurunan tajam di bulan Mei, sementara di sereal dan daging, sebagian besar harga masih berada dalam tekanan ke bawah.

Indeks harga minyak sayur melonjak 11,3% pada bulan Juni, membalikkan penurunan empat bulan berturut-turut. Rebound terutama mencerminkan nilai minyak sawit yang lebih tinggi, yang terangkat oleh pemulihan permintaan impor global, dan kekhawatiran atas kemungkinan masalah produksi di tengah kekurangan tenaga kerja migran berkepanjangan terkait dengan wabah virus corona.

Indeks gula naik 10,6% bulan ke bulan, sebagian didorong oleh laporan kemacetan di pelabuhan Brasil karena langkah-langkah mencegah penyebaran virus, kata FAO. Indeks susu naik 4,0% tetapi semua komponennya tetap di bawah.

Indeks harga sereal turun 0,6% dari Mei, dengan tekanan pada harga gandum bulan lalu, sebagian karena membaiknya prospek produksi di sejumlah negara pengekspor utama, terutama di wilayah Laut Hitam. Sebaliknya harga jagung menguat di bulan Juni, didukung oleh beberapa pemulihan dalam permintaan dan kondisi pertumbuhan di Amerika Serikat.

Indeks harga daging juga turun 0,6% pada bulan itu, dengan kutipan untuk pengurangan daging unggas dan sapi karena peningkatan ketersediaan ekspor di daerah-daerah penghasil utama. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home