Loading...
EKONOMI
Penulis: Prasasta Widiadi 07:16 WIB | Sabtu, 14 Maret 2015

Indeks Sentimen Konsumen AS Maret Menurun

Ilustrasi dolar AS. (Foto: talkvietnam.com).

MICHIGAN, SATUHARAPAN.COM – University of Michigan merilis data bahwa  Indeks Sentimen Konsumen Amerika Serikat (AS) Maret 2015 menurun.

Seperti tertuang Bloomberg, Jumat (13/3) University of Michigan menyatakan penurunan  indeks sentimen konsumen awal  dengan bercokol di angka 91.2, dibandingkan Februari 2015 pada angka 95.4. Proyeksi rata-rata pada survei Bloomberg dari para ekonom memperkirakan sebesar 95.5.

Kepercayaan konsumen di bulan Maret turun ke level terendah dalam 4 bulan di tengah optimisme mengenai perekonomian AS. yang  terhambat oleh turunnya pendapatan dan rebound pada harga Bahan Bakar Minyak (BBM).

Enam bulan mendatang, riset ini memperkirakan Indeks Sentimen Konsumen menurun pada angka 83.7 yang sekaligus level terendah sejak November 2014 dari angka bulan kemarin sebesar 88.

Indeks harga produsen di AS bulan Februari lalu secara mengejutkan anjlok yang sekaligus penurunannya pada bulan ke-4 secara beruntun, sehingga mencerminkan murahnya harga makanan dan penurunan pada profit margin diantara para produsen dan penjualan ritel.

Bank Sentral AS (Federal Reserve) sedang mengkaji tanda-tanda bahwa laju inflasi bergerak kembali ke target awal sehingga saat ini kemungkinan besar akan mempertimbangkan kenaikan suku bunga.  

Perkiraan dari survei Bloomberg berkisar dari penurunan 0.2% hingga kenaikan 0.7%. Indeks harga di luar makanan dan energi diproyeksikan naik 0.1% setelah sempat turun 0.1% di bulan sebelumnya, menurut perkiraan survei tersebut.

Dibandingkan dengan tahun sebelumnya, indeks harga produsen mengalami penurunan 0.6% sekaligus penurunan pertama dalam 12 bulan terakhir sejak 2009 lalu. Sementara Indeks inti (core) mencatat kenaikan 1% selama 12 bulan terakhir setelah sempat naik 1.6%. (bloomberg/bpfnews.com).

Editor : Eben Ezer Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home