Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 06:50 WIB | Jumat, 23 April 2021

India, 314.000 Kasus Baru COVID-19 dalam Satu Hari

Suasana di tempat untuk kremasi jenazah, di New Delhi, India hari Rabu (21/4). (Foto: AP)

NEW DELHI, SATUHARAPAN.COM-India melaporkan rekor global lebih dari 314.000 infeksi baru pada Kamis (23/4) ketika lonjakan jumlah kasus virus corona terjadi di negara terpadat kedua di dunia itu. Banyak orang sakit terpaksa dirawat dalam sistem kesehatan yang rapuh yang kekurangan tempat tidur serta oksigen.

Sebanyak 314.835 kasus baru dalam 24 jam terakhir meningkatkan total kasus menjadi 15,9 juta di India sejak pandemi dimulai. Ini adalah total tertinggi kedua di dunia setelah Amerika Serikat. India memiliki penduduk hampir 1,4 miliar orang.

Kasus kematian juga bertambah 2.104 dalam 24 jam terakhir, meningkatkan jumlah kematian keseluruhan di India menjadi 184.657, kata Kementerian Kesehatan.

Sejumlah besar rumah sakit melaporkan kekurangan akut tempat tidur dan obat-obatan serta kekurangan oksigen.

Intervensi Pengadilan

Pengadilan Tinggi New Delhi pada hari Rabu (21/4) memerintahkan pemerintah untuk mengalihkan oksigen dari keperluan industri ke rumah sakit untuk menyelamatkan nyawa orang. “Anda tidak dapat membuat orang mati karena tidak ada oksigen. Memohon, meminjam atau mencuri, ini adalah keadaan darurat nasional,” kata hakim menanggapi petisi oleh rumah sakit New Delhi yang meminta intervensinya.

Pemerintah sedang terburu-buru menggunakan tangki oksigen untuk mengisi kembali pasokan ke rumah sakit.

Menteri Kesehatan India, Harsh Vardhan, mengatakan pada hari Kamis (22/4) bahwa "permintaan dan pasokan dipantau sepanjang waktu." Dia mengatakan dalam sebuah tweet bahwa untuk mengatasi lonjakan permintaan secara eksponensial, pemerintah telah meningkatkan kuota oksigen untuk tujuh negara bagian yang paling parah terkena dampak.

Penguncian dan pembatasan ketat telah menimbulkan rasa sakit, ketakutan, dan penderitaan bagi banyak kehidupan di New Delhi dan kota-kota lain.

Pemandangan Yang Suram

Dalam adegan yang akrab di seluruh negeri, ambulans terlihat bergegas dari satu rumah sakit ke rumah sakit lain, mencoba mencari tempat tidur kosong. Kerabat yang berduka berbaris di luar krematorium tempat kedatangan mayat melonjak beberapa kali.

“Saya mendapat banyak telepon setiap hari dari pasien yang sangat membutuhkan tempat tidur. Permintaannya terlalu banyak daripada pasokannya,” kata Dr. Sanjay Gururaj, seorang dokter di Rumah Sakit dan Pusat Penelitian Shanti yang berbasis di Bengaluru.

"Saya mencoba mencari tempat tidur untuk pasien setiap hari, dan sangat membuat frustrasi karena tidak dapat membantu mereka. Dalam sepekan terakhir, tiga pasien saya meninggal di rumah karena tidak bisa mendapatkan tempat tidur. Sebagai seorang dokter, ini adalah perasaan yang sangat buruk," kata Gururaj.

Yogesh Dixit, seorang penduduk negara bagian Uttar Pradesh utara, mengatakan awal pekan ini bahwa dia harus membeli dua tabung oksigen masing-masing seharga 12.000 rupee (setara Rp 2,3 juta), lebih dari dua kali biaya normal, untuk ayahnya yang sakit karena rumah sakit yang dikelola pemerintah di Lucknow kehabisan perbekalan.

Dia membeli dua "karena dokter dapat meminta tabung oksigen lain kapan saja", katanya, seraya menambahkan bahwa dia harus menjual perhiasan istrinya untuk memenuhi biayanya.

Tempat Kremasi

Tempat kremasi utama di Lucknow, ibu kota negara bagian, menerima hampir 200 jenazah pada hari Minggu. Shekhar Chakraborty, 68 tahun, menggambarkan pemandangan itu, “Mayat ada di mana-mana, mereka dikremasi di trotoar yang biasa untuk berjalan. Saya tidak pernah mengalami aliran mayat seperti itu dalam hidup saya,” katanya.

Di Kanpur, kota lain di negara bagian Uttar Pradesh, 35 platform sementara baru telah didirikan di Bithoor-Sidhnath Ghat yang membentang di sepanjang Sungai Gangga untuk mengkremasi mayat.

Kementerian Kesehatan mengatakan bahwa dari total produksi negara sebesar 7.500 metrik ton (8.300 ton AS) oksigen per hari, 6.600 metrik ton dialokasikan untuk penggunaan medis.

Dikatakan juga bahwa 75 gerbong kereta api di ibu kota India telah diubah menjadi rumah sakit yang menyediakan 1.200 tempat tidur tambahan untuk pasien COVID-19.

Surat kabar The Times of India mengatakan bahwa jumlah kasus harian tertinggi sebelumnya yaitu 307.581 dilaporkan pada 8 Januari. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home