Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 21:44 WIB | Senin, 21 Juni 2021

India Beri Vaksin COVID-19 Gratis pada Seluruh Warga Dewasa

Orang-orang mengambil bagian dalam sesi yoga di Gua Kanheri di pinggiran Mumbai pada hari Senin (21/6) untuk memperingati Hari Yoga Internasional. (Foto: AFP)

NEW DELHI, SATUHARAPAN.COM-India memulai vaksinasi gratis untuk semua orang dewasa dalam upaya untuk meningkatkan upaya inokulasi pada hari Senin (21/6), sementara Perdana Menteri Narendra Modi memulai Hari Yoga Internasional dan memuji sifat "pelindung" dari praktik tersebut terhadap virus.

Upaya vaksinasi di negara itu telah melambat secara signifikan dalam beberapa bulan terakhir karena kurangnya suntikan dan keraguan, bahkan ketika negara itu berjuang melawan lonjakan kasus yang ganas pada bulan April dan Mei yang membanjiri sistem perawatan kesehatan dengan pasien COVID-19 di banyak tempat.

Jumlah kasus sejak itu turun tajam dan pihak berwenang kembali melonggarkan banyak pembatasan, memicu kekhawatiran gelombang lain.

Pemerintah telah memperluas peluncuran vaksin untuk memasukkan semua orang dewasa berusia di bawah 45 tahun pada 1 Mei, tetapi rumah sakit negara bagian dan swasta harus membeli vaksin itu sendiri untuk kelompok usia yang lebih muda, yang menyebabkan kebingungan dan kekurangan.

New Delhi kemudian mengubah taktik, mengumumkan akan mendapatkan 75 persen pasokan vaksin dan mendistribusikannya ke negara bagian sehingga mereka dapat menyuntik orang secara gratis.

Sejauh ini telah memberikan 275 juta suntikan, dengan hampir empat persen orang yang divaksinasi penuh. Sedangkan pemerintah bertujuan untuk menginokulasi semua hampir 1,1 miliar orang dewasa India pada akhir tahun.

"Dorongan vaksinasi diperkirakan akan meningkat sekarang... vaksinasi harian telah meningkat selama sepekan terakhir dan diperkirakan akan semakin kuat," kata pakar kesehatan masyarakat Rajib Dasgupta. “Namun, baik ketidaksetaraan yang ada maupun keragu-raguan patut mendapat perhatian lebih dalam untuk membuat ini sukses.”

Peluncuran gratis itu dilakukan saat Modi memperingati Hari Yoga dengan pidato pagi hari kepada bangsa yang bangkit dari lonjakan jumlah kasusu COVID. Dia mengatakan bahwa latihan itu kembali membuktikan dirinya sebagai sumber “kekuatan batin”.

“Ketika saya berbicara dengan para pejuang garis depan, mereka memberi tahu saya bahwa mereka telah mengadopsi yoga sebagai perisai pelindung dalam perjuangan mereka melawan virus corona. Dokter telah memperkuat diri dengan yoga dan juga menggunakan yoga untuk merawat pasien mereka,” kata Modi.

Taman umum dibuka kembali di Delhi pada hari Senin tepat pada waktunya, tetapi jumlah acara untuk Hari Yoga dikurangi di seluruh negeri untuk tahun kedua berturut-turut karena pandemi. Hari Yoga, diusulkan oleh Modi dan diadopsi oleh Perserikatan Bangsa-bangsa pada tahun 2014, dirayakan sebagian besar di India, tetapi juga di seluruh dunia pada hari terpanjang di Belahan Bumi Utara.

Sepanjang pandemi, pemerintah India telah menggembar-gemborkan yoga dan obat-obatan herbal, dan  penjualannya melonjak, untuk melindungi dan memberikan bantuan kepada orang yang terinfeksi virus.

Tetapi buktinya sedikit dan klaim tersebut mendapat penolakan dari dokter India, yang mengenakan ban lengan hitam bulan lalu untuk memprotes Baba Ramdev, seorang guru yang memiliki hubungan dengan pemerintahan Modi yang mengatakan yoga dapat menyembuhkan orang dari COVID-19. (AFP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home