Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 06:07 WIB | Senin, 08 Juni 2020

India dan China Sepakat Atasi Sengketa Perbatasan Secara Damai

India dan China Sepakat Atasi Sengketa Perbatasan Secara Damai
Perbandingan dua foto satelit tentang pangkalan bandar udara sipil-militer Ngari Gunsa yang diambil pada 1 April (kiri), dan 17 Mei (kanan) tahun 2020, di dekat perbatasan dengan India di wilayah barat jauh Tibet di China yang menunjukkan perkembangan di sekitar bandar udara. (Foto: dok. AP)
India dan China Sepakat Atasi Sengketa Perbatasan Secara Damai
Sebuah truk tentara India melaju di sepanjang jalan raya Tezpur-Tawang India, yang membentang ke perbatasan China, di negara bagian Arunachal Pradesh, India timur laut 28 Mei 2012. (Foto: dok. Reuters)

NEW DELHI, SATUHARAPAN.COM-India dan China sepakat untuk "menyelesaikan secara damai" mengatasi sengketa perbatasan terbaru yang telah meningkatkan ketegangan kedua negara bertetangga yang memiliki senjata nuklir, kata New Delhi, hari Minggu (7/6), setelah pertemuan tingkat tinggi antara komandan militer kedua negara.

Ketegangan meningkat dalam beberapa pekan terakhir antara kedua kekuatan regional di atas perbatasan 3.500 kilometer mereka, yang tidak pernah ditandai dengan baik. Ribuan tentara dari kedua negara terlibat dalam pertempuran terkonsentrasi di wilayah Ladakh India, tepat di seberang Tibet.

"Kedua belah pihak sepakat untuk menyelesaikan situasi secara damai di daerah perbatasan sesuai dengan berbagai perjanjian bilateral," kata Kementerian Luar Negeri India, dalam sebuah pernyataan.

Kementerian itu menambahkan bahwa para komandan sepakat "resolusi awal" adalah "penting" untuk hubungan bilateral antara dua negara terpadat penduduknya di dunia.

"Oleh karena itu, kedua pihak akan melanjutkan keterlibatan militer dan diplomatik untuk menyelesaikan situasi dan untuk memastikan perdamaian dan ketenangan di daerah perbatasan," kata pernyataan itu.

Ada banyak pertempuran dan konflik antara tentara China dan India di perbatasan, tetapi hal itu menjadi lebih sering dalam beberapa tahun terakhir. Pada tanggal 9 Mei, beberapa tentara India dan China terluka dalam bentrokan lintas batas di pegunungan, bahkan dengan saling pukul dan melempar batu di negara bagian Sikkim.

Para pejabat India mengatakan bahwa dalam beberapa hari, pasukan China melanggar batas garis demarkasi di wilayah Ladakh, lebih jauh ke barat. Dan India memindahkan pasukan tambahan ke posisi yang berlawanan.

Pembicaraan, yang berlangsung di wilayah Chushul-Moldo antara kedua komandan, diyakini sebagai pertemuan tingkat tertinggi sejak konflik di Sikkim.

Perdana Menteri India, Narendra Modi, dan Presiden China, Xi Jinping, berusaha untuk meredakan ketegangan pada pertemuan puncak pada dua tahun terakhir ketika mereka sepakat untuk meningkatkan komunikasi perbatasan antara militer mereka. (AFP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home