Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 06:45 WIB | Kamis, 03 September 2020

India Jadi Episentrum Penularan COVID-19, Setelah Laporan Harian Tertinggi

Seorang petugas kesehatan mengumpulkan sampel dalam tes usap dari seorang pria di sebuah sekolah di Mumbai, India. (Foto: dok. Reuters)

NEW DELHI, SATUHARAPAN.COM-India mencatat 78.357 kasus baru terinfeksi virus corona dalam 24 jam terakhir, meningkatkan total kasus menjadi lebih dari 3,7 juta, karena pemerintah melonggarkan pembatasan pandemi secara nasional untuk mengatasi ekonomi yang terpukul.

India, negara berpenduduk 1,4 miliar orang, dengan cepat menjadi episentrum penyebaran virus corona dunia. Negara ini telah melaporkan peningkatan harian tertinggi dalam kasus baru selama lebih dari tiga pekan, dan pada tingkat saat ini kemungkinan akan segera melampaui Brasil dan akhirnya Amerika Serikat dalam total kasus yang dilaporkan.

Kementerian Kesehatan India, pada hari Rabu (2/9) juga melaporkan 1.045 kematian dalam 24 jam terakhir, menjadikan total kematian menjadi 66.333. Sekarang mecatat kematian ketiga terbanyak setelah korban meninggal di Meksiko baru-baru ini, menurut penghitungan Universitas Johns Hopkins.

Infeksi telah menyebar dengan cepat dari orang-orang di kota-kota besar India ke kota-kota kecil dan daerah pedesaan. Kapasitas pengujiannya yang hampir mencapai 100.000 orang per hari, telah meningkat, tetapi para ahli mengatakan itu tidak cukup.

Pada hari Rabu, Dewan Riset Medis India, badan penelitian medis terkemuka negara itu, mengatakan negara itu telah melakukan hampir 44 juta tes untuk virus sejak pandemi dimulai. (AP)

Editor : Sabar Subekti


Kampus Maranatha
Gaia Cosmo Hotel
BPK Penabur
Zuri Hotel
Back to Home