Loading...
DUNIA
Penulis: Diah Anggraeni Retnaningrum 20:51 WIB | Rabu, 28 September 2016

India Mundur dari KTT di Tengah Ketegangan dengan Pakistan

Perdana Menteri Pakistan Nawaz Sharif. (Foto: AP)

NEW DELHI, SATUHARAPAN.COM - India menarik diri dari KTT regional utama di Pakistan karena lonjakan serangan teroris di lintas batas, saat ketegangan antara kedua negara bertetangga itu kian memuncak, Selasa (27/9).

Pemerintah India menuduh militan yang berbasis di Pakistan meluncurkan serangan mematikan di sebuah pangkalan militer di Kashmir yang menewaskan 18 tentara pada bulan ini.

India mengatakan pihaknya telah menyampaikan keputusannya untuk tidak ambil bagian dalam KTT Asosiasi Kerja Sama Regional Asia Selatan (South Asian Association for Regional Cooperation/SAARC) kepada Nepal, pemimpin SAARC saat ini.

“India telah menyampaikan kepada Pemimpin SAARC Nepal bahwa lonjakan serangan teroris di lintas batas di kawasan itu telah menciptakan lingkungan yang tidak kondusif bagi keberhasilan pelaksanaan KTT SAARC ke-19,” ungkap kementerian luar negeri dalam sebuah pernyataan.

“Dengan mempertimbangkan situasi yang sedang dihadapi, pemerintah India tidak dapat berpartisipasi dalam KTT yang diusulkan di Islamabad.”

KTT SAARC, yang diikuti delapan negara anggota di kawasan itu, dijadwalkan akan digelar di Islamabad pada 9 sampai 10 November. (AFP)

Editor : Diah Anggraeni Retnaningrum


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home