Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 16:17 WIB | Rabu, 20 April 2022

India: Sejumlah Toko Milik Muslim Dibongkar, Menyusul Bentrokan dengan Komunitas Hindu

India: Sejumlah Toko Milik Muslim Dibongkar, Menyusul Bentrokan dengan Komunitas Hindu
Sebuah buldoser meruntuhkan bangunan di daerah yang mengalami kekerasan komunal selama prosesi keagamaan Hindu pada hari Sabtu, di lingkungan Jahangirpuri barat laut New Delhi, India, Rabu, 20 April 2022. (Foto: AP/Altaf Qadri)
India: Sejumlah Toko Milik Muslim Dibongkar, Menyusul Bentrokan dengan Komunitas Hindu
Petugas polisi dan anggota pasukan keamanan mengawasi pembongkaran toko ritel kecil ilegal oleh otoritas sipil di daerah sensitif komunal di Jahangirpuri, di New Delhi, India, Rabu 20 April 2022. (Foto: Reuters)

NEW DELHI, SATUHARAPAN.COM-Pihak berwenang menggunakan buldoser menghancurkan sejumlah toko milik Muslim di New Delhi, India, sebelum Mahkamah Agung India menghentikan pembongkaran pada hari Rabu (20/4), beberapa hari setelah kekerasan komunal mengguncang ibu kota dan puluhan orang ditangkap.

Pemilik toko mengais di puing-puing toko mereka sesudahnya untuk mengumpulkan barang-barang mereka. Tetapi selama hampir satu jam setelah perintah Mahkamah Agung, para pejabat terus menghancurkan bangunan-bangunan, termasuk pintu dan tangga menuju sebuah masjid.

Mereka menghentikan buldoser tepat di luar pintu masuk kuil Hindu, sekitar 50 meter dari masjid, dan mulai mundur, memicu kemarahan warga Muslim yang mengatakan mereka menjadi sasaran.

Sentimen dan serangan anti Muslim telah meningkat di seluruh India dalam 10 hari terakhir, termasuk pelemparan batu antara kelompok Hindu dan Muslim selama prosesi keagamaan dan pembongkaran sejumlah properti, banyak yang merupakan milik Muslim, di negara bagian lain pekan lalu.

Polisi telah menangkap sedikitnya 24 tersangka sejak kekerasan komunal pecah padea hari Sabtu (16/4) selama prosesi keagamaan Hindu di lingkungan Jahangirpuri di barat laut New Delhi. Mereka mengatakan kelompok Hindu dan Muslim saling melempar batu selama prosesi untuk menandai festival keagamaan, menyebabkan delapan petugas polisi dan seorang warga sipil terluka, media lokal melaporkan.

Bangunan Ilegal

Para pejabat mengatakan upaya pembongkaran itu menargetkan bangunan ilegal dan bukan komunitas tertentu. Tetapi para kritikus berpendapat ini adalah upaya terbaru untuk melecehkan dan meminggirkan Muslim, yang merupakan 14 persen dari 1,4 miliar penduduk India. Mereka menunjuk pada pola meningkatnya polarisasi agama di bawah pemerintahan Partai Bharatiya Janata Party (BJP) pimpinan Perdana Menteri, Narendra Modi.

Pada Rabu pagi, buldoser menghancurkan serangkaian toko di pinggir jalan di Jahangirpuri sementara pemiliknya mengintip dari jendela di rumah mereka, menyaksikan tanpa daya saat kios mereka dihancurkan atau dibawa pergi dengan truk.

“Mereka tidak ingin Muslim tinggal di negara ini. Mengapa? Apakah Muslim teroris?” kata Sabiran Bibi, 31 tahun , yang telah tinggal di daerah itu sepanjang hidupnya.

Raja Iqbal Singh, wali kota Korporasi Kota Delhi Utara yang diperintah oleh BJP, mengatakan pihak berwenang hanya merobohkan “bangunan ilegal yang merambah ke jalan.” Dia menambahkan bahwa tindakan itu tidak ada hubungannya dengan kekerasan sebelumnya tetapi beberapa toko milik orang yang dituduh melakukan kerusuhan.

Pengusiran itu terjadi ketika daerah di barat laut New Delhi dikerumuni oleh pasukan paramiliter dengan perlengkapan anti huru-hara dan terjadi setelah kepala BJP kota, Adesh Gupta, mendesak perusahaan kota untuk "mengambil tindakan terhadap pembangunan ilegal dan perambahan para perusuh," katanya dalam sebuah tweet pada hari Rabu. “Saya ucapkan selamat kepada korporasi yang mengambil tindakan cepat,” katanya.

Sementara pihak berwenang menyebutnya sebagai “latihan rutin,” seruan dari Gupta dan waktu pembongkaran, empat hari setelah kekerasan di lingkungan itu meletus – telah menimbulkan pertanyaan.

Aksi pembongkaran serupa terlihat pekan lalu di kota Khargone, negara bagian Madhya Pradesh, setelah prosesi Hindu pada 10 April untuk menandai ulang tahun kelahiran Lord Ram yang meletus dalam kekerasan, dengan massa Hindu mengacungkan pedang dan tongkat saat mereka berbaris melewati lingkungan dan masjid Muslim. Segera, kelompok-kelompok dari kedua komunitas mulai saling melempar batu, menurut polisi.

Sehari kemudian, buldoser meruntuhkan sekitar 45 bangunan, termasuk rumah dan toko, di lima bagian kota Khargone. Banyak dari mereka, meskipun tidak semua, milik penduduk Muslim, lapor media lokal.

“Bangunan yang dihancurkan adalah bangunan ilegal yang didirikan di atas tanah perambahan milik orang-orang dari kedua komunitas,” kata P Anugraha, mengatakan kepada The Indian Express pekan lalu. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home