Loading...
EKONOMI
Penulis: Reporter Satuharapan 10:22 WIB | Kamis, 24 November 2016

Indonesia akan Impor Sapi dari Meksiko

Ilustrasi sapi meksiko (Foto: cattlenetwork.com)

MANGUNPURA, SATUHARAPAN.COM - Indonesia sedang mempertimbangkan untuk mengimpor sapi dari Meksiko. Perundingan terkait rencana tersebut saat ini masing berlangsung.

Syukur Iwantoro, staf ahli menteri pertanian bidang inovasi dan teknologi mengatakan hal itu di Jakarta, (23/11).

"Pihak swasta dan pemerintah daerah yang saat ini dalam proses negosiasi," kata Syukur Iwantoro.

Mengenai izin impor hingga 400.000 ekor sapi, dia mengakui bahwa pihak swasta akan diberikan kewenangan penuh untuk tujuan ini dan perundingan sedang dilangsungkan dengan mitra di Meksiko.

Iwantoro mengatakan pemerintah akan memastikan bahwa sapi yang diimpor dari Meksiko harus bebas dari penyakit mulut dan kuku.

"Sejauh ini, pemerintah telah berhubungan dengan sejumlah negara, termasuk Australia, sehubungan dengan pasokan daging sapi," kata dia.

Dia ingat bahwa pemerintah telah menempatkan beberapa alternatif untuk mencegah eskalasi harga daging sapi di berbagai daerah di Tanah Air.

"Harga daging sapi di berbagai daerah di Indonesia bervariasi dari Rp 85.000 hingga lebih dari Rp 100.000 per kilogram," jelasnya.

Sapi impor itu akan didistribusikan di Jakarta dan sekitarnya.

"Negara ini sekarang mengimpor hampir 700.000 kepala sapi. Sejauh ini, sebagian besar sapi yang diimpor dari Australia," kata dia. (Ant)

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home