Loading...
INDONESIA
Penulis: Martahan Lumban Gaol 18:00 WIB | Senin, 11 April 2016

Indonesia akan Tekankan Islam Rahmatan Lil Alamin di KTT OKI

Menteri Luar Negeri, Retno Lestari Priansari Marsudi. (Foto: Dok. satuharapan.com)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Menteri Luar Negeri, Retno Lestari Priansari Marsudi, mengatakan Indonesia akan menekankan pentingnya Organisasi Kerja sama Islam menjadi agen pembawa nilai-nilai toleransi dan ajaran agama Islam yang rahmatan lil’ alamin.

Menurutnya, penekanan tersebut akan disampaikan Indonesia dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-13 OKI yang akan diselenggarakan di Kota Istanbul, Turki, hari Selasa (12/4) hingga Sabtu (15/4) mendatang.

“Beberapa isu pokok akan disampaikan dalam pernyataan nasional Indonesia di KTT ke-13 OKI. Salah satunya, menekankan pentingnya OKI sebagai agen pembawa toleransi dan Islam yang rahmatan lil’ alamin,” kata Retno dalam konferensi pers di Kantor Kementerian Luar Negeri, Jakarta Pusat, hari Senin (11/4).

Selain itu, dia melanjutkan, Indonesia juga akan menegaskan kembali akan pentingnya soliditasi OKI dalam penyelesaian berbagai tantangan baru dunia. Tidak ketinggalan, kata Retno, Indonesia juga akan membawa isu yang berkaitan dengan masalah kerja sama ekonomi di dalam OKI.

“Delegasi Indonesia dalam KTT ke-13 OKI akan diketuai oleh Wakil Presiden, Jusuf Kalla. KTT ini akan hasilkan beberapa dokumen, antara lain adalah Final Communique, yang menjabarkan tantangan yang dihadapi oleh dunia Islam dan penguatan kembali kerja sama antarnegara anggota OKI dengan dukungan penuh dari OKI untuk penyelesaian berbagai tantangan yang dihadapi.” katanya.

Di samping itu, menurutnya, KTT ke-13 OKI juga akan OIC-2025: Program of Action, yang berisikan program kerja sama selama 10 sepuluh tahun, dari tahun 2016-2025, dalam 18 area kerja sama. Dokumen selanjutnya, adalah Istanbul Declaration, yang berisikan komitmen negara-negara OKI dalam menghadapi tantangan yang dihadapi dunia Islam.

“Tentunya, hasil KTT Luar Biasa kelima OKI yang membahas Palestina dan Al-Quds Al-Syarif di Jakarta bulan Maret 2016 lalu, akan menjadi rujukan untuk menghasilkan dokumen terakhir, Resolution on the Cause of Palestine and Al-Quds Al-Sharif,” ucap dia.

KTT ke-13 OKI akan berlangsung di Kota Istanbul, Turki,  hari Selasa (12/4) hingga Sabtu (15/4) mendatang dengan mengangkat tema ‘Unity and Solidarity for Justice and Peace’.

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home