Loading...
INDONESIA
Penulis: Sabar Subekti 18:54 WIB | Selasa, 06 September 2022

Indonesia Kirim Bantuan Rp 7,1 Miliar untuk Korban Banjir Pakistan

Korban banjir di Pakistan menggunakan dipan untuk menyelamatkan barang-barang dari rumah mereka yang terendam banjir, di Jaffarabad, Pakistan, Senin, 5 September 2022. Badan pengungsi PBB bergegas memberikan bantuan yang lebih dibutuhkan pada Senin ke Pakistan yang dilanda banjir sebagai perdana menteri negara melakukan perjalanan ke selatan di mana naiknya air Danau Manchar menimbulkan ancaman baru. (Foto: AP/Fareed Khan)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM-indonesia akan mengirim bantuan kemanusiaan senilair US$ 500 ribu atau setara sekitar Rp 7,1 miliar untuk korban banjir Pakistan yang menewaskan setidaknya 1.136 orang.

Pemberian bantuan ini disepakati dalam rapat tingkat menteri di Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK), pada Senin (6/9).

"Ini tidak lepas dari posisi Indonesia sebagai Presiden G20 dan kita memiliki hubungan yang sangat baik dengan pemerintah Pakistan. Karena itu, dengan kondisi yang ada, bantuan ini harus dilakukan dengan segera," kat Menko PMK, Muhadjir, dikutip dari situs kementerian itu.

Dalam rapat itu disepakati pula pemberian bantuan berupa pengiriman personel tim medis darurat yang terdiri dari tenaga gabungan BNPB, BASARNAS, TNI, POLRI, dan organisasi non pemerintah lainnya.

Muhadjir memastikan bahwa warga negara Indonesia yang berada di Pakistan dalam keadaan aman usai banjir bandang melanda negara itu pekan lalu. Sepekan berlalu, korban tewas akibat banjir itu masih terus bertambah, hingga menjadi 1.314 jiwa pada Senin. Sementara itu, 33 juta orang lainnya juga terkena dampak banjir ini.

Banjir ini terjadi karena hujan lebat dan pencairan gletser. Sejumlah pengamat juga menganggap sistem mitigasi banjir di Pakistan masih lemah.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home