Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 11:38 WIB | Kamis, 20 April 2023

Indonesia, Timor Leste dan Australia Menyaksikan Gerhana Matahari

Indonesia, Timor Leste dan Australia Menyaksikan Gerhana Matahari
Orang-orang mempersiapkan peralatan menonton mereka di Exmouth, Australia, menjelang gerhana matahari pada Kamis, 20 April 2023. Beberapa orang yang beruntung di jalur gerhana matahari hibrida akan merasakan ke dalam kegelapan gerhana total atau mereka akan melihat sebuah "cincin api" saat matahari mengintip dari balik bulan. (Foto-foto: Aaron Bunch/AAP via AP)
Indonesia, Timor Leste dan Australia Menyaksikan Gerhana Matahari
Orang-orang memakai kacamata pelindung saat melihat gerhana matahari di Exmouth, Australia, Kamis, 20 April 2023.

SATUHARAPAN.COM-Sekitar 20.000 pemburu gerhana matahari berkumpul di bawah langit tak berawan di kota pesisir barat laut Australia, Exmouth, untuk menikmati gerhana matahari total langka yang membuat wilayah itu gelap gulita selama sekitar satu menit pada hari Kamis (20/4) pagi.

Kota wisata terpencil dengan penduduk kurang dari 3.000 itu dipromosikan sebagai salah satu titik pandang terbaik di Australia untuk melihat gerhana yang juga melintasi wilayah Indonesia dan Timor Leste.

Kerumunan internasional telah berkumpul di Exmouth selama berhari-hari, berkemah di tenda dan trailer di dataran merah berdebu di pinggir kota dengan kamera dan peralatan menonton lainnya mengarah ke langit.

Di ibu kota Indonesia, ratusan orang datang ke Planetarium Jakarta untuk melihat gerhana sebagian yang tertutup awan.

Azka Azzahra, 21 tahun, datang bersama adik dan teman-temannya untuk melihat lebih dekat menggunakan teleskop bersama ratusan pengunjung lainnya.

“Saya tetap senang datang meski mendung. Senang melihat orang-orang dengan antusias tinggi datang ke sini untuk melihat gerhana, karena jarang terjadi,” kata Azzahra.

Astronom NASA, Henry Throop, termasuk di antara orang-orang di Exmouth dengan lantang menyemangati gerhana dalam kegelapan.

“Bukankah ini luar biasa? Ini sangat fantastis. Itu sangat mengejutkan. Itu sangat tajam dan sangat cerah. Anda bisa melihat korona mengelilingi matahari di sana,” kata penduduk Washington yang tampak bersemangat itu kepada Australian Broadcasting Corp.

“Itu hanya satu menit, tapi itu benar-benar terasa seperti waktu yang lama. Tidak ada lagi yang bisa Anda lihat yang terlihat seperti itu. Itu luar biasa. Spektakuler. Dan kemudian Anda dapat melihat Jupiter dan Merkurius dan dapat melihatnya pada waktu yang sama di siang hari - bahkan melihat Merkurius sama sekali sangat jarang. Jadi itu luar biasa,” tambah Throop.

Gerhana matahari hibrida dilacak dari Samudra Hindia ke Samudra Pasifik dan sebagian besar di wilayah perairan. Beberapa orang yang beruntung di jalurnya melihat kegelapan gerhana total atau "cincin api" saat matahari mengintip dari balik bulan baru.

Peristiwa langit seperti itu terjadi sekitar sekali setiap dekade: Yang terakhir terjadi pada tahun 2013 dan yang berikutnya tidak sampai tahun 2031. Itu terjadi ketika Bumi berada di "titik manis" sehingga bulan baru dan matahari terlihat berukuran hampir sama persis di langit, kata pakar surya NASA, Michael Kirk.

Di beberapa titik, bulan sedikit lebih dekat dan menghalangi matahari dalam gerhana total. Tapi ketika bulan sedikit lebih jauh, itu memungkinkan sebagian cahaya matahari mengintip dalam gerhana annular.

“Ini fenomena gila,” kata Kirk. "Kamu benar-benar menyaksikan bulan semakin besar di langit."

Beberapa gerhana matahari mendatang lainnya akan lebih mudah ditangkap. Gerhana annular pada pertengahan Oktober dan gerhana total April mendatang akan melintasi jutaan orang di Amerika. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home