Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 09:10 WIB | Jumat, 23 Juli 2021

Infeksi COVID-19 di Tokyo 1.979, Tertinggi Sejak Januari

Ini terjadi sehari sebelum Olimpiade 2020 dibuka di Tokyo.
Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia Tedros (WHO), Adhanom Ghebreyesus, kiri, dan Perdana Menteri Jepang, Yoshihide Suga, mengenakan masker saat berfoto di Akasaka State Guest House di Tokyo, hari Kamis (22/7). (Foto: Kazuhiro Nogi/pool via AP)

TOKYO, SATUHARAPAN.COM-Kota Tokyo, Jepang, mencapai level tertinggi enam bulan dalam kasus baru COVID-19 pada hari Kamis (22/7), satu hari sebelum Olimpiade dimulai, dan meningkatnya kekhawatiran akan memburuknya infeksi selama Olimpiade.

Kasus baru COVID-19 sebanyak 1.979 kasus pada Kamis adalah yang tertinggi sejak tercatat 2.044 kasus pada 15 Januari.

Perdana Menteri Jepang, Yoshihide Suga, yang bertekad untuk menyelenggarakan Olimpiade, menempatkan Tokyo dalam keadaan darurat pada 12 Juli, tetapi kasus harian meningkat tajam sejak saat itu.

Langkah-langkah darurat, yang sebagian besar melibatkan larangan penjualan minuman beralkohol dan jam kerja yang lebih pendek untuk restoran dan bar, akan berlangsung hingga 22 Agustus, setelah Olimpiade berakhir pada 8 Agustus.

Jepang telah melaporkan sekitar 853.000 kasus dan 15.100 kematian sejak pandemi dimulai, kebanyakan dari mereka terjadi tahun ini. Namun, jumlah kasus dan kematian sebagai bagian dari populasi jauh lebih rendah daripada di banyak negara lain.

Olimpiade, yang tertunda selama satu tahun karena pandemi, dimulai hari Jumat (23/7). Penonton dilarang dari semua tempat di wilayah Tokyo, dengan penonton terbatas diperbolehkan di beberapa situs terpencil.

Pemerintah Suga telah dikritik karena apa yang dikatakan beberapa orang memprioritaskan Olimpiade daripada kesehatan negara. Peringkat dukungan publiknya telah turun menjadi sekitar 30% dalam survei media baru-baru ini, dan hanya ada sedikit perayaan menjelang Olimpiade.

Pada hari Kamis, direktur upacara pembukaan, Kentaro Kobayashi, diberhentikan karena lelucon Holocaust masa lalu.

Dalam diplomasi terkait Olimpiade, Suga bertemu dengan ibu negara Amerika Serikat, Jill Biden, pada hari Kamis dan makan malam di wisma negara. Sebelumnya pada hari itu, ia dikunjungi oleh Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia, Tedros Adhanom Ghebreyesus.

Juga pada hari Kamis, Kaisar Naruhito menerima kunjungan kehormatan dari Presiden Komite Olimpiade Internasional (IOC), Thomas Bach, di Istana Kekaisaran. Naruhito berharap seluruh atlet dapat bertanding dalam keadaan sehat dan meraih prestasi terbaiknya. Bach mengatakan komunitas Olimpiade melakukan yang terbaik untuk tidak menimbulkan risiko apa pun bagi Jepang.

Para ahli mengatakan infeksi virus di antara orang yang tidak divaksinasi di bawah usia 50 tahun meningkat tajam.

Vaksinasi Jepang dimulai terlambat dan lambat, tetapi kecepatannya meningkat pada bulan Mei ketika pemerintah mendorong untuk mempercepat upaya sebelum Olimpiade, meskipun langkahnya telah melambat karena kekurangan vaksin impor.

Sekitar 23% orang Jepang divaksinasi lengkap, jauh dari tingkat yang diyakini perlu untuk memiliki efek yang berarti dalam mengurangi risiko pada populasi umum.

Para ahli memperingatkan pada hari Rabu bahwa infeksi di Tokyo kemungkinan akan terus memburuk dalam beberapa pekan mendatang. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home