Loading...
DUNIA
Penulis: Prasasta Widiadi 15:20 WIB | Senin, 28 Maret 2016

Inggris Berjanji All Out Bantu Pakistan Pasca Bom Lahore

Ilustrasi: David Cameron saat menggelar pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri Pakistan, Nawaz Sharif (kanan). (Foto: cnn.com).

LONDON, SATUHARAPAN.COM – Perdana Menteri (PM) Inggris David Cameron  berjanji  Inggris akan memberi dorongan moril untuk Pakistan setelah aksi bom bunuh diri yang menewaskan lebih kurang 65 orang di sebuah taman di Lahore, Pakistan.

“Saat ini saya memikirkan keluarga dan teman-teman korban (bom Lahore, red). Kami akan melakukan apa yang kami bisa untuk membantu,” kata Cameron seperti diberitakan Daily Mail, hari Minggu (27/3).

Cameron menyayangkan peristiwa tersebut berdekatan dengan Paskah. Dia mendesak warga Inggris dari seluruh agama agar tidak terprovokasi.  

Pemimpin Partai Buruh Jeremy Corbyn mengatakan:

“Saya merasa satu hati dengan keluarga korban serangan mengerikan di Lahore, Pakistan. Saya harap pasukan militer Inggris membuat solidaritas dan layanan darurat,” kata Corbyn.

Menteri Luar Negeri Inggris, Philip Hammond, menyarankan warga Inggris  menghindari daerah Asia Selatan. Wisatawan Inggris juga memantau perkembangan pariwisata dari media lokal.

“Pikiran saya bersama korban dan keluarga mereka,” kata dia.

Hammond mengemukakan Inggris  mengutuk tindakan kekerasan yang tidak masuk akal.  

“Kami akan terus memberikan dukungan dan bantuan kepada negara yang  bekerja  mengalahkan orang-orang yang merencanakan dan melakukan aksi teror ini,” kata Hammond.

Pemimpin dunia yang juga mengutuk kekerasan tersebut  adalah Perdana Menteri India, Narendra Modi.  

“Mendengar ledakan di Lahore, saya sangat mengutuknya. Belasungkawa saya kepada keluarga almarhum & doa-doa saya untuk yang terluka parah,” kata Modi dalam akun Twitter resmi @PMOIndia seperti diberitakan India Express, hari Minggu (27/3).

Raja Yordania Abdullah II juga menyampaikan duka cita  dalam akun Twitter resmi Kerajaan Yordania @RHCJO dan diberitakan ulang Petra News Agency, hari Minggu (27/3).

Juru Bicara Dewan Keamanan Nasional Gedung Putih, Ned Price, menjelaskan Amerika Serikat (AS) akan bekerja sama dalam peningkatan keamanan di Pakistan.

 “’Kami akan terus bekerja sama  di seluruh wilayah untuk membasmi terorisme," kata Ned  seperti diberitakan situs resmi Gedung Putih, White House, hari Minggu (27/3).

Ledakan di Lahore, Pakistan

Menurut  juru bicara pemerintah kepada situs berita Cable News Network  (CNN) ledakan bunuh diri terjadi di Lahore, sebelah timur Pakistan, hari Minggu (27/3) malam.

Peristiwa yang terjadi di taman kota, Gulshan Iqbal, tersebut awalnya diberitakan menewaskan lebih kurang 25 orang, dan jumlah korban terus bertambah.

Pejabat kepolisian, Haider Ashraf mengemukakan lebih dari ratusan orang berada di taman kota tersebut dalam rangka menghabiskan waktu merayakan liburan Paskah. Banyak perempuan dan anak-anak termasuk di antara para korban.

(dailymail.co.uk/petra.gov.jo/whitehouse.gov)

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home