Loading...
HAM
Penulis: Sabar Subekti 10:43 WIB | Kamis, 31 Maret 2022

Inggris Tarik Dua Hakim di Pengadilan Tinggi Hong Kong

Seorang pria yang mengenakan masker berjalan melewati Pengadilan Banding Terakhir di Hong Kong, hari Rabu, 30 Maret 2022. Inggris mengatakan pada hari Rabu bahwa mereka menarik hakimnya dari pengadilan tinggi Hong Kong karena menahan mereka di sana akan "melegitimasi penindasan" di bekas Inggris. koloni. (Foto: AP/Kin Cheung)

LONDON, SATUHARAPAN.COM-Inggris mengatakan bahwa pihaknya menarik hakimnya dari pengadilan tinggi Hong Kong karena mempertahankan mereka di sana akan melegitimasi penindasan di bekas jajahan Inggris itu.

Hakim Inggris duduk di pengadilan sejak Hong Kong dikembalikan ke China pada tahun 1997. Langkah pemerintah Inggris itu menggarisbawahi isolasi yang berkembang di pusat keuangan Asia itu ketika Partai Komunis China yang berkuasa berupaya untuk menegaskan kendalinya dan membungkam suara-suara independen.

Sementara Inggris memiliki hakim yang bertugas di Pengadilan Banding Akhir sebagai bagian dari upaya untuk menjaga supremasi hukum di kota itu, pemerintah Inggris mengatakan itu "tidak lagi dapat dipertahankan" karena undang-undang yang semakin menindas yang diberlakukan oleh China. Dua hakim senior Inggris di pengadilan mengajukan pengunduran diri mereka dan berlaku pada hari Rabu (30/3).

“Pengadilan di Hong Kong terus dihormati secara internasional atas komitmen mereka terhadap supremasi hukum,” kata Presiden Mahkamah Agung Inggris, Robert Reed, setelah pengunduran dirinya dari pengadilan Hong Kong.

“Namun demikian, saya telah menyimpulkan, dalam persetujuan dengan pemerintah, bahwa para hakim Mahkamah Agung tidak dapat terus duduk di Hong Kong tanpa terlihat mendukung suatu pemerintahan yang telah menyimpang dari nilai-nilai kebebasan politik, dan kebebasan berekspresi.”

Empat belas hakim tidak tetap tetap berada di pengadilan Hong Kong, termasuk 10 dari yurisdiksi hukum umum lainnya seperti Australia dan Kanada.

China telah mengintensifkan tindakan kerasnya terhadap lembaga politik dan hukum semi-otonom Hong Kong dalam beberapa tahun terakhir. Upaya tersebut termasuk pengesahan undang-undang keamanan nasional pada tahun 2020 dan perubahan pada sistem pemilihan yang secara efektif mengakhiri oposisi politik di wilayah tersebut.

Undang-undang keamanan, yang melarang pemisahan diri, subversi, terorisme dan kolusi asing, telah digunakan untuk menangkap lebih dari 100 tokoh pro demokrasi, dan banyak lainnya telah melarikan diri ke luar negeri. Sejak undang-undang tersebut diperkenalkan, polisi Hong Kong telah menggerebek kantor media pro demokrasi, menutupnya dan menangkap wartawan.

Anggota parlemen, mahasiswa dan penyelenggara peringatan lilin yang menandai tindakan keras Partai Komunis tahun 1989 yang mematikan terhadap gerakan pro demokrasi juga menjadi sasaran.

Beberapa pemerintah Barat dan PBB mengatakan undang-undang keamanan mengikis otonomi yang dijanjikan ketika kota itu diserahkan kembali ke China di bawah prinsip "satu negara, dua sistem".

Perdana Menteri Inggris, Boris Johnson, mengatakan kedua hakim Inggris telah “menyimpulkan bahwa batasan undang-undang keamanan nasional membuat mereka tidak mungkin untuk terus melayani dengan cara yang mereka inginkan.”

"Saya menghargai dan saya memahami keputusan mereka," katanya. Dalam mengumumkan langkah tersebut, Menteri Luar Negeri Inggris, Liz Truss, mengatakan telah terjadi “erosi sistematis kebebasan dan demokrasi di Hong Kong.”

“Situasi telah mencapai titik kritis di mana tidak lagi dapat dipertahankan bagi hakim Inggris untuk duduk di pengadilan terkemuka Hong Kong, dan akan berisiko melegitimasi penindasan,” katanya.

Keputusan untuk menarik hakim Inggris keluar setelah bertahun-tahun di Hong Kong disambut oleh anggota parlemen Inggris. Seorang anggota parlemen senior Partai Konservatif, Tom Tugendhat, mengatakan hakim Inggris seharusnya tidak membantu memberdayakan “sistem hukum yang sekarang digunakan untuk mengunci warga Hongkong tanpa proses hukum.”

Anggota parlemen konservatif Iain Duncan Smith, seorang kritikus lama pemerintah di Beijing, mengatakan "pemerintah telah melakukan hal yang benar di sini, dan tidak terlalu cepat."

“Apa yang Ukraina ajarkan kepada kami adalah bahwa Anda tidak bisa menenangkan negara totaliter atau membuat alasan atas perilaku mereka, persis seperti yang dilakukan oleh hakim kami di Hong Kong,” kata Duncan Smith. “Mereka meminjamkan legitimasi kepada rezim yang sangat ingin merusak cara hidup kita.”

Asosiasi Pengacara Hong Kong menyebut keputusan itu sebagai "masalah penyesalan yang mendalam." Ini mengajukan banding ke hakim luar negeri Pengadilan Banding Akhir yang tersisa untuk tinggal dan melayani kota, dan membantu menegakkan independensi peradilannya. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home