Loading...
INDONESIA
Penulis: Martha Lusiana 15:31 WIB | Selasa, 28 Juli 2015

Ini Alasan Penumpukan Penumpang di Stasiun Pasar Senen

Calon penumpang berjejal-jejal memasuki ruang dalam Stasiun Pasar Senen menjelang jam keberangkatan. (Foto: Dok satuharapan.com/Dedy Istanto)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Direktur Utama Kereta Api Indonesia (PT KAI Persero), Edi Sukmoro, mengungkapkan alasan membludaknya penumpang kereta api di stasiun, terutama Stasiun Pasar Senen Jakarta.

Menurutnya, penumpukan kerap terjadi karena banyak penumpang sampai lebih awal di stasiun meski jadwal keberangkatan masih lama. Sebab itu, Edi mengimbau kepada seluruh penumpang kereta api agar datang tidak terlalu jauh dengan waktu keberangkatan kereta agar tidak terjadi penumpukan di stasiun. "Sudah berulang-ulang saya sampaikan (terkait) keberangkatan kereta api," ujar dia.

"Bayangkan kalau sekali berangkat ada 32 rangkaian yang mencapai 23.000 penumpang. Seandainya (jadwal kereta) jam 4 sore namun penumpang datang jam 7 pagi, pasti bertemu dengan penumpang kereta jam 10 pagi ataupun jam 2 siang. Pasti numpuk," ujar Edi kepada wartawan di Jakarta, Senin (27/7).

Dia menilai kapasitas Stasiun Pasar Senen cukup menampung penumpang kereta api yang akan berangkat. "Jadi, ketersediaan area Stasiun Pasar Senen ini sudah cukup selama penumpang mau rolling. Kalau nggak rolling, ya numpuk. Bahkan, ada yang menginap (di stasiun)," ujar Edi.

Stasiun yang terletak di bilangan Jakarta Pusat ini melayani seluruh kereta api jarak jauh kelas bisnis ataupun ekonomi. Penumpukan penumpang sering terjadi terutama saat mudik Hari Raya Lebaran.

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home