Loading...
INDONESIA
Penulis: Martahan Lumban Gaol 13:23 WIB | Selasa, 28 April 2015

Ini Alasan SBY Lunasi Utang IMF Lebih Cepat

Presiden RI keenam Susilo Bambang Yudhoyono. (Foto: Dok. satuharapan.com)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Presiden RI keenam Susilo Bambang Yudhoyono memaparkan alasan melunasi utang Indonesia kepada IMF (International Monetary Fund) lebih cepat. Hal tersebut disampaikannya lewat Twitter, @SBYudhoyono, Selasa (28/4).

Menurut sosok yang akrab disapa SBY itu, ada tiga alasan penting yang menjadi dasar keputusan percepatan pelunasan utang Indonesia kepada IMF. Pertama, perekonomian Indonesia tumbuh relatif tinggi, adanya pergerakan sektor riil, kondisi fiskal aman, dan cadangan devisa yang dimiliki Indonesia cukup kuat.

“Ekonomi kita sudah tumbuh relative tinggi, sektor riil mulai bergerak, fiskal kita aman, cadangan devisa kita cukup kuat,” ujar dia.

Alasan kedua, agar Indonesia tidak lagi didikte IMF dan negara-negara donor dalam pengelolaan ekonomi, termasuk penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

“”Kita tidak lagi didikte, minta persetujuan kepada IMF, dan negara-negara donor dalam pengelolaan ekonomi, termasuk penyusunan APBN,” tutur Presiden RI keenam itu.

Terakhir, sosok yang kini menjabat sebagai Ketua Umum Partai Demokrat itu menyebutkan rakyat Indonesia tidak mau lagi dipermalukan dan merasa terhina karena Indonesia menjadi pasien IMF. “Bebas dari trauma masa lalu,” tutur dia.

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home