Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Sabar Subekti 15:42 WIB | Minggu, 13 Februari 2022

Inilah Atlet dan Peraih Medali Tertua di Olimpiade Beijing

Inilah Atlet dan Peraih Medali Tertua di Olimpiade Beijing
Peraih medali emas dari Amerika Serikat, Lindsey Jacobellis dan Nick Baumgartner ,merayakan selama upacara medali untuk tim campuran snowboard cross di Olimpiade Musim Dingin 2022, Sabtu, 12 Februari 2022, di Zhangjiakou, China. (Foto: AP/Gregory Banteng)
Inilah Atlet dan Peraih Medali Tertua di Olimpiade Beijing
Claudia Pechstein dari Jerman bertanding dalam lomba skating 3.000 meter putri di Olimpiade Musim Dingin 2022, Sabtu, 5 Februari 2022, di Beijing. (Foto: AP/Ashley Landis)
Inilah Atlet dan Peraih Medali Tertua di Olimpiade Beijing
Johan Clarey, dari Prancis, peraih medali perak, bereaksi selama upacara medali untuk lari menuruni bukit putra di Olimpiade Musim Dingin 2022, Senin, 7 Februari 2022, di distrik Yanqing, Beijing. (Foto: AP/Luca Bruno)

BEIJING, SATUHARAPAN.COM-Ketika Olimpiade Beijing ditutup pada 20 Februari mendatang, Presiden IOC, Thomas Bach, menurut tradisi, akan menyerukan “pemuda dunia untuk berkumpul empat tahun dari sekarang.” Dia mungkin mempertimbangkan untuk memperluas undangan ke Olimpiade Musim Dingin 2026 di Milan dan Cortina d'Ampezzo di Italia ke kelompok usia lebih tua: oldies but goodies.

Mulailah dengan orang Prancis, Johan Clarey. Dia berusia 41 bulan lalu dan di Beijing menjadi pria tertua yang memenangkan medali Olimpiade di ski Alpine. Dia meraih perak di downhill, medali pertamanya di Olimpiade keempatnya.

“Ketika Anda seorang peraih medali, apakah Anda berusia 20 atau 41 tahun, itu tidak masalah,” kata Clarey.

Clarey nyaris mengalahkan Nick Baumgartner. Di Beijing, atlet Amerika berusia 40 tahun itu memenangkan medali Olimpiade pertamanya, sebuah emas, bersama rekan senegaranya, Lindsey Jacobellis, di tim campuran snowboard cross.

"Anda tidak pernah terlambat untuk mengambil apa yang Anda inginkan dari kehidupan," kata Baumgartner. "Anda mengecewakan diri sendiri jika Anda berhenti terlalu dini, tidak peduli berapa usia Anda."

Baumgartner, seorang pekerja beton/kontraktor dari Michigan, adalah snowboarder tertua yang memenangkan medali Olimpiade.

Pada usia 36 tahun, ​​Jacobellis sendiri bukanlah anak kecil. Dia memenangkan dua medali emas, satu dengan Baumgartner, dan yang lainnya di snowboard cross.

Dia menjadi perempuan AS tertua yang memenangkan emas dalam sejarah Olimpiade Musim Dingin. Dia juga tertua kedua di belakang Baumgartner, dari negara mana pun, yang memenangkan medali Olimpiade di snowboarding.

Jacobellis juga memenangkan medali perak pada tahun 2006. Rentang 16 tahun menandai kesenjangan terpanjang antara medali untuk setiap perempuan AS di Olimpiade Musim Dingin.

Sejarawan Olimpiade, Bill Mallon, menghitung setidaknya 10 atlet di Beijing yang lahir pada 1970-an, yang berarti mereka berusia 40-an.

Yang tertua adalah speedkater Claudia Pechstein, yang hampir berusia 40-an. Dia akan berusia 50 tahun  dua hari setelah Olimpiade Musim Dingin ditutup. Di Beijing, ia menjadi perempuan tertua yang berkompetisi di Olimpiade Musim Dingin, dan perempuan kedua dan satu-satunya yang berkompetisi di delapan Olimpiade Musim Dingin.

Orang Jerman itu yang mereka sebut "Nenek" adalah peraih medali emas lima kali, dan pemenang sembilan secara keseluruhan. Dia tidak akan mendapatkan medali di Beijing, dan itu tidak masalah.

“Setiap hari lebih sulit untuk mendapatkan motivasi, terutama ketika Anda merasa tidak begitu hebat dan hasilnya tidak terpenuhi,” katanya dalam sebuah wawancara dengan The Associated Press. “Tapi saya tetap bangga dengan diri saya sendiri. Saya masih bisa bersaing dengan gadis-gadis muda di dunia.” (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home