Loading...
SAINS
Penulis: Dewasasri M Wardani 12:36 WIB | Senin, 28 Oktober 2019

Inilah Pemenang Kompetisi Ilmiah LIPI Tahun 2019

Pemenang kompetisi Ilmiah LIPI Tahun 2019. (Foto:lipi.go.id)

SERPONG, SATUHARAPAN.COM – Indonesia Science Expo (ISE) 2019 memasuki penghujung acara setelah dilaksanakan empat hari sejak Rabu (23/10) lalu. Beragam hasil penelitian dan inovasi dipamerkan di ajang yang telah memasuki tahun kelima penyelenggaraan ini, termasuk hasil-hasil penelitian dan inovasi generasi muda Indonesia yang tampil di Lomba Karya Ilmiah Remaja (LKIR) ke-51 dan National Young Inventors Award (NYIA) ke-12, yang diselenggarakan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).

Sebanyak 43 proyek penelitian dikompetisikan dalam LKIR, yang terbagi dalam empat bidang keilmuan, yakni ilmu pengetahuan hayati, ilmu pengetahuan sosial dan kemanusiaan, ilmu pengetahuan kebumian dan kelautan, serta ilmu pengetahuan teknik. Sementara NYIA menghadirkan 50 proyek penelitian dari 89 anak-anak dan remaja seluruh Indonesia.

“Semangat dan ketekunan mereka patut kita apresiasi. Semoga torehan presentasi adik-adik kita dapat menginspirasi dan memotivasi generasi muda Indonesia,” kata Kepala Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Laksana Tri Handoko, seperti dilansir situs resmi lipi.go.id, pada Sabtu (26/10).

Handoko menjelaskan, pemenang LKIR tahun ini akan direkomendasikan untuk berkompetisi ke ajang International Science and Engineering Fair (ISEF) 2020 di Annaheim, California, Amerika Serikat dan bagi pemenang NYIA direkomendasikan untuk berkompetisi ke Kazan, Rusia, untuk mengikuti ajang International Exhibition for Young Inventor (IEYI) 2020.

“LIPI berharap masyarakat semakin optimistis menyongsong masa depan Indonesia, dan memotivasi putra-putri kita untuk terus berkarya,” kata Handoko.

Berikut pemenang Kompetisi Ilmiah LIPI Tahun 2019. Pemenang mendapatkan hadiah tabungan Britama dari Bank Rakyat Indonesia, uang tunai dari PT. AFI, juga perlengkapan olahraga dari Decathlon. Berikut daftar lengkapnya:

Lomba Karya Ilmiah Remaja (LKIR) ke-51:

Bidang Ilmu Pengetahuan Hayati

Pemenang pertama, Muhammad Nasim Mubarok dan Nandagesta Aurelia Shafa Wagmi (MAN 2 Kota Malang): Pantyliner Pendeteksi Dini Kapsid Human Papiloma Virus Tipe 16 dan 18 melalui HPV Strip.

Pemenang Kedua, Arina Tina Salwa dan Khofifah Imania (SMA Negeri 1 Kaliwungu): Inovasi Pakan Buatan Berbahan Dasar Biji Kecipir (Psophocarpus tetragonolobus) dan Gula Aren untuk Perkembangan Koloni Lebah Madu (Apis mellifera L.).

Pemenang Ketiga, Abigail Moira Saputra dan Aurelia Regina (SMA Santa Laurensia): Studi Efek Gelatin Ikan Nila (Oreochromis niloticus) terhadap Pertumbuhan Sel sebagai Uji Awal Gelatin Nanopartikel. 

Pemenang Harapan, Eka Putri Jenitasari dan Ahlul Duwi Saputra SMK Negeri 1 Bontang: Pengaruh Linalool terhadap Organ Jacobson Python Reticulatus,

Bidang Ilmu Pengetahuan Sosial dan Kemanusiaan

Pemenang Pertama, Ayu Sekarningtyas (SMA Negeri 1 Teras, Boyolali): Membangun Kohesi Sosial pada Masyarakat Disabilitas dalam Merajut Kemandirian dan Relasi Sosial di Kota Surakarta.

Pemenang Kedua, Muhammad Waliid Raid Rizky dan Muhammad Zidan Ainur Rifqi (SMA Progresif Bumi Shalawat Sidoarjo): Pengembangan Permainan Puzzle Berkelompok untuk Meningkatan Psikososial Anak Stunting Usia Pra Sekolah dengan Pendekatan Teori Erik Erikson.

Pemenang Ketiga, Mulfiya (Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia Aceh Timur): Memantik Janji, Meredam Rokok: Perspektif Sosial Budaya Masyarakat Aceh terhadap Perjanjian Pra-Nikah Larangan Merokok.

Pemenang Harapan, As'ary Ricklas Hidayat dan Praba Kumara Jati (SMAN 2 Semarang): Determinan Penggunaan Gopay dan Pengaruhnya terhadap Perubahan Konsumsi Pelajar SMA di Kota Semarang,

Bidang Ilmu Pengetahuan Kebumian dan Kelautan

Pemenang Pertama, Putri Uswatun Hasanah dan Widya Wardiatul Aini (SMAN 1 Malingping): Pelet Limbah Sagu (Metroxylon sagu) Termodifikasi: Aplikasi Pakan Buatan pada Usaha Pembesaran Ikan Lele Dumbo (Clarias sp.).

Pemenang Kedua, Azzalira Alayya Zahwa dan Fifi Munasaroh (MAN 1 Kudus): Edible Film dengan Mikroalga dan Serasah Daun Mangrove (Rhizopora mucronata sp.) Berbasis Plasticizer Gliserol sebagai Inovasi Kemasan Biodegradable.

Pemenang Ketiga, Balqis Tazkia Abidin dan Alya Firda Amalia (SMAIT Ummul Quro Bogor):  Tender Spray: Pengembangan Produk Tender Spray Ekstrak Lamun (Thalassia hemprichii) sebagai Zat Aktif pada Produk Spray Gel Antimikroba.

Pemenang Harapan, Twistka Talitha Pangestu dan Hafidza Fatma Yona (MAN 2 Kota Malang):  Aplikasi Microbubble Konsorsium Bakteri Penghasil Biosurfaktan dengan Medium Molase di Lingkungan Sumur Minyak Tua Berkedalaman Rendah Wonocolo, Kabupaten Bojonegoro sebagai Terobosan Teknologi Meor (Microbial Enhanced Oil Recovery),

 Bidang Ilmu Pengetahuan Teknik

Pemenang Pertama, Alldrich Putra Soetyono dan Delia Tjokroardi (SMA Santa Laurensia): Inovasi Membran Semipermeabel Berbasis Campuran Selulosa Asetat dari Air Kelapa (Cocos nucifera) dan Keratin dari Bulu Ayam (Gallus gallus domesticus) sebagai Uji Awal Membran Dialyzer,

Pemenang Kedua, Pande Nyoman Dimas Pratistha dan Ngurah Bagus Agung Surya Nanda Jayesvara Dwi Sutanegara (SMA Negeri 1 Denpasar): Identifikasi Potensi Material Semikonduktor Tanah Diatom dan Ekstrak Daun Mangrove Jenis Rhizophora mucronate dari Kawasan Pemogan Denpasar untuk Aplikasi Dye Sensitized Solar,

Pemenang Ketiga, Khalfi Prayogi dan Muhammad Rizki Hadi Pratama (SMA Negeri 1 Malingping): Pemanfaatan Limbah Media Tanam (Baglog) Jamur Tiram untuk Komposit Berbasil Miselium Jamur Lingzhi (Ganoderma lucidium)

Pemenang Harapan, Aqsa Aufa Syauqi Sadana dan Muhamad Rijal Firdaus (MAN 2 Kota Kediri): Pelapisan Material Anti Korosi Baja Karbon Berbasis Inhibitor Alami dari Lempung Bentonit dengan Matrik Epoksi Resin dalam Medium Korosif,

National Young Inventors Award (NYIA) ke-12

Juara 1, Faustina Amelia dan Imanuellenfa Tantiara Glory (SMA Regina Pacis Bogor): Nano Extractor, Alat Rumah Tangga Pengekstrak Herbal Kualitas Tinggi dengan Proses Suhu Rendah Yang Dicapai melalui Teknik Getar Ultrasonik pada Tekanan Vakum Menggunakan Kendali Mikrokontroler Berbasis Aplikasi Android.

Juara 2: Jasmine Shafa Kurnia dan Adlina Khairina Hisaanah (Zamzam Syifa Broading School): Inovasi Charger Handphone Dual Sumber dengan Memanfaatkan Panas Buang Kendaraan Bermotor.

Juara 3, Marcelia Sekar Ageng Perdana dan Shabrina Azadirach Putri (SMAIT Al-Irsyad Al-Islamiyyah Purwokerto): "Garpu Volta" (Garpu Tanah Ajaib Pembangkit Listrik).

Juara Harapan 1, Sandi Pamungkas (SMAN 1 Bunguran Timur) Alat Perawat, Penyiram, Pemupuk, dan Penjaga Kebutuhan Cabai Secara Otomatis.

Juara Harapan 2, Dyfany Aurariel Syahda dan Ninis Dyah Yulianingsih (SMAN 1 Kediri): SWAPS Smart Waste Plastic System.

Juara Harapan 3, Muhammad Rasyid Albanna (SD Muhammadiyah Kandang Panjang): Say No Smoking Detector.

 

 

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Edu Fair
Back to Home