Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Martahan Lumban Gaol 14:37 WIB | Selasa, 12 Agustus 2014

Inilah Perjalanan Karier Internasional Miroslav Klose

Penyerang gaek Jerman, Miroslav Klose dari masa ke masa. Pemain berusia 36 tahun ini telah tampil sejak Piala Dunia 2002, di Korea Selatan-Jepang. (Foto: bbc.co.uk)

BERLIN, SATUHARAPAN.COM – Pesepakbola berusia 36 tahun, Miroslav Klose, secara resmi mengumumkan pensiun sebagai pemain tim nasional Jerman, pada Senin (11/8). Pada Piala Dunia 2014 di Brasil, Klose sukses meletakkan namanya di posisi teratas pencetak gol terbanyak Piala Dunia sepanjang masa, dengan torehan 16 gol.

Sebelumnya, kapten tim nasional Jerman di Piala Dunia 2014, Philipp Lahm, telah mengumumkan pengunduran dirinya dari kesebelasan berjuluk Der Panzer tersebut, bulan lalu.

"Saya mewujudkan impian masa kecil dengan meraih gelar Piala Dunia di Brasil. Saya bangga dan bahagia karena boleh terlibat dalam keberhasilan sepak bola Jerman ini", ucap Klose seperti dilansir dari dw.de, Selasa (12/8).

"Bagi saya tidak ada momentum yang lebih indah untuk mengakhiri masa di tim nasional," pemain yang saat ini merumput bersama klub Italia, SS Lazio itu, menambahkan.

Rekor Demi Rekor

Bersama Der Panzer, Klose mencatatkan 137 penampilan dengan mencetak 71 gol. Di Brasil, ia menggeser posisi pemain Brasil Luiz Nazario da Lima atau Ronaldo sebagai pencetak gol Piala Dunia terbanyak sepanjang masa.

"Klose bukan sekadar pemain luar biasa, ia juga sosok panutan. Klose selalu bersikap rendah hati. Dengan 71 gol bagi timnas dan 16 gol Piala Dunia, ia mencatat dua rekor fenomenal dalam sejarah", tutur Presiden federasi sepak bola Jerman (DFB), Wolfgang Niersbach.

Bisa Diandalkan

Klose menyampaikan keputusannya kepada pelatih Joachim Loew secara pribadi pekan lalu.

"Saat mengatakan keputusannya telah dipikirkan secara matang dan telah ia bicarakan dengan keluarganya, saya langsung merasa ia telah yakin dan saya tidak bisa mengubahnya", ujar Loew.

Menurut Loew, Klose selalu bisa dipercaya. Omongannya pun bisa dipegang. Begitu juga saat Piala Dunia 2014 di Brasil.

“Saya tahu Klose akan dalam kondisi fit saat dibutuhkan," ujar pelatih Jerman itu.

Gol Pertama

Klose mencetak gol pertamanya saat tampil di Piala Dunia 2002. Kala itu Jerman berhadapan dengan Arab Saudi. Klose yang masih berusia 23 tahun, menanduk bola ke gawang hasil umpan silang Michael Ballack. Ini utuk pertama kalinya penonton Piala Dunia melihat salto ke belakang ala Klose.

Dalam pertandingan tersebut, pemain yang mengenakan seragam bernomor punggung 11 itu pun berhasil mencetak hattrick.

Penyelamat Jerman

Pada Piala Dunia 2006, Jerman berjumpa dengan salah satu tim favorit, Argentina. Bermain di Berlin, Der Panzer harus tertinggal lebih dulu 1-0, sebelum pelatih Argentina, Jose Pekerman menarik keluar gelandang Juan Roman Riquelme.

Sebelas menit kemudian, Klose berhasil membobol gawang tim berjuluk Tango yang dikawal Roberto Abbondanzieri. Di akhir laga, Jerman menang lewat adu penalti.

Turut Menghancurkan Inggris

Di Piala Dunia 2010, Jerman mengalahkan Inggris dengan skor telak 4-1. Satu gol dicetak Klose usai  menyambut tendangan langsung dari gawang oleh kiper Manuel Neuer. Barisan pertahanan Inggris tidak bereaksi, dan Klose dengan mudah mengalahkan kiper David James.

Samai Rekor Ronaldo

Kembali diikutsertakan dalam skuat Jerman di Piala Dunia 2014, ternyata Klose masih terus mencetak gol.

Pada babak penyisihan grup, Jerman tertinggal 2-1 dari Ghana. Loew pun memasukkan Klose ke lapangan. Beberapa menit kemudian, “resep” pelatih Jerman itu berbuah manis, Klose membuktikan kualitasnya sebagai penyerang dengan mencetak gol, sekaligus menyamai rekor 15 gol pemain Brasil, Ronaldo. Jerman selamat dari kekalahan dengan meraih satu poin lewat hasil seri 2-2.

Pemegang Rekor

Di laga Semifinal Piala Dunia 2014, gol yang memecahkan rekor dan dinantikan Klose serta publik Jerman akhirnya datang juga. Pemain bernomor punggung 11 itu mencetak gol kedua Der Panzer.

Empat gol Jerman berikutnya tercipta dalam enam menit. Kini Klose menjadi pemegang rekor gol Piala Dunia seorang diri dengan 16 gol.

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home