Loading...
RELIGI
Penulis: Dewasasri M Wardani 17:56 WIB | Rabu, 05 Februari 2020

Injil adalah Anugerah Tuhan Bagi Orang Papua

Pendeta Ida Irene Mayor dan majelis berpose bersama usai ibadah HUT-165 Pekabaran Injil (PI) di Tanah Papua di Gereja GKI Getsemani Kotaraja, Kota Jayapura, Rabu (5/02) (Foto: Antara/HO-Andrea Christiani)

JAYAPURA, SATUHARAPAN.COM – Pendeta Ida Irene Mayor dalam khotbahnya pada ibadah HUT-165 Pekabaran Injil (PI) di Tanah Papua di Gereja GKI Getsemani Kotaraja, Kota Jayapura, Rabu (5/2), mengatakan Injil adalah anugerah Tuhan kepada orang Papua dan semua orang yang percaya pada Injil.

"Masuknya injil ke Tanah Papua membuka tabir kegelapan, segala sekat-sekat di antara sesama manusia dilepaskan, tembok-tembok pemisah dihancurkan," katanya.

Karena Injil maka semua orang bisa ada di Papua saat ini, ada Orang Toraja, Orang Batak, Orang Ambon, Orang Manado, Orang Jawa dan lainnya yang percaya pada Injil.

"Perbedaan-perbedaan sudah diruntuhkan, kita semua satu dalam Iman percaya kepada Yesus Kristus yang adalah Injil itu sendiri,’’ katanya lagi.

Menurut dia, berbeda-beda tetapi satu dalam iman percaya pada Yesus Kristus yang ditandai dengan busana etnik yang dikenakan Majelis dan warga jemaat, yang datang beribadah di Gereja GKI Getsemani Kotaraja.

Ada yang mengenakan baju daerah asal Toraja, Jawa, Batak, Manado maupun Ambon dan lainnya.

‘’Melihat inti dari berita Injil itu yang membebaskan, membuka tabir kegelapan membongkar sekat-sekat perbedaan suku, budaya, bangsa maupun bahasa, ketika Ottow dan Geissler tiba tahun 1855 dengan membawa Injil. Maka Tanah Papua yang gelap dan masih dikuasai kekuatan alam, menjadi terbuka,’’ katanya yang mengenakan penutup kepala khas Papua.

Tanah Papua terbuka oleh Injil, sejak 5 Februari tahun 1855 saat Ottow dan Geissler membawa Injil, maka sampai saat ini pemerintahan gereja bahkan semua suku bangsa datang dan hidup bersama-sama di atas tanah ini.

‘’Hakekat Gereja adalah persekutuan orang-orang percaya tanpa perbedaan. Hari ini Majelis diberikan kesempatan untuk gunakan pakaian sesuai budayanya, untuk perlihatkan bahwa karena Injil kita semua sama, meskipun berbeda suku bangsa maupun budaya tetapi perbedaan itu dipersatukan dalam Injil,’’ katanya.

Setelah menerima Injil sebagai kabar sukacita maka menjadi tugas semua orang percaya untuk memberitakan Injil sesuai dengan tema HUT-165 PI 2020 di Tanah Papua, “Karena jika aku memberitakan injil, aku tidakmempunyai alasan untuk memegahkan diri. Sebab itu adalah keharusan bagiku. Celakalah aku,jika tidak memberitakan injil” (1 Korintus 9:6)

Pakaian Adat

Sementara itu, pantauan di lapangan Ibadah HUT-165 PI di Tanah Papua di Jemaat GKI Getsemani Kotaraja, Jayapura 5 Februari 2020 terlihat berbeda dari ibadah-ibadah lainnya seperti ibadah setiap hari Minggu.

Semua Mejelis dan warga jemaat mengenakan busana sesuai dengan asal daerah masing-masing atau pakaian adat.

Bahkan, lagu puji-pujian yang dilantunkan juga menggunakan bahasa daerah masing-masing, ada lagu pujian berbahasa Toraja, Bahasa Ambon dan Bahasa Batak.

5 Februari setiap tahunnya ditetapkan sebagai Hari PI (Pekabaran Injil) di Tanah Papua.

Pemda Provinsi Papua, menetapkan hari libur fakultatif untuk memberikan kesempatan kepada seluruh umat Kristiani di Papua, merayakan hari bersejarah tersebut dengan ibadah.

Penetapan 5 Februari sebagai hari PI di Tanah Papua bertepatan dengan kedatangan dua penginjil asal Jerman Carl Willem Ottow dan Johann Gotlob Gaeissler di Pulau Mansiman Manokwari Papua Barat 5 Februari 1855 pada pukul 06.00 WIT.

"Sejak itu Injil kebenaran diberitakan di Tanah Papua. Jadi peringatan HUT-165 PI di Tanah Papua juga menjadi momentum bagi semua umat yang percaya pada Injil untuk terus memberitakan injil,’’ katanya. (Ant)

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home