Loading...
RELIGI
Penulis: Reporter Satuharapan 20:47 WIB | Rabu, 03 Juli 2019

Institut Bossey Undang Siswa untuk Dialog Antaragama

Para siswa studi lanjut antaragama Institut Bossey, bergambar bersama para pengajar. (Foto: Rhoda Mphande/WCC)

SATUHARAPAN.COM – Lembaga Ekumenis Dewan Gereja Dunia (World Council of Church/WCC) di Bossey, Swiss, pada hari Selasa (2/7) mengundang para pemuda untuk pengukuhan pasca studi lanjut dalam Studi Antaragama.

Tema tahun akademik 2018/2019 adalah “Melibatkan Masyarakat yang Adil dan Partisipatif - dalam Yudaisme, Kekristenan, dan Islam”. Komponen pembelajaran jarak jauh dari kursus dimulai tiga minggu yang lalu. Hal itu menyatukan siswa dari tiga agama Abraham untuk belajar lebih banyak tentang keyakinan satu sama lain dan meningkatkan pemahaman mereka tentang masyarakat multikultural saat ini.

Para siswa disambut oleh dekan, Pastor Prof Lawrence Iwuamadi, dan Pastor Prof Dr Ioan Sauca, Direktur WCC Ecumenical Institute dan Wakil Sekretaris Jenderal WCC.

Sauca mendorong peserta untuk terlibat dalam “dialog identitas” dan untuk merefleksikan “apa yang bisa dilakukan bersama sebagai orang-orang dari agama yang berbeda untuk menciptakan masyarakat di mana kita hidup berdampingan secara damai”.

Ia juga dengan bangga menyebutkan fakta bahwa sudah 12 tahun perjalanan, sejak studi antaragama pertama kali dimulai di Lembaga Ekumenis. Kursus ini telah dikembangkan dalam kerja sama yang erat dengan Fakultas Teologi Protestan dari Universitas Jenewa.

Prof Ghislain Waterlot, dekan di fakultas, memuji hubungan yang sudah berlangsung lama dan produktif dengan WCC Ecumenical Institute, yang telah mendorong pertukaran antaragama dan memberi siswa kesempatan unik untuk menemukan jati diri mereka sendiri dan merenungkan masalah-masalah di masa kini.

“Poin paling penting untuk dipahami ketika bekerja dalam dialog antaragama, adalah hal itu tidak mempromosikan relativisme dan ketidakpedulian. Masa depan kita, masa depan dunia, dan perdamaian antarnegara dipertaruhkan. Melalui iman kita menjadi lebih baik. Di tengah perbedaan nyata antara agama-agama, kami merujuk pada cinta Tuhan yang sama,” ia menjelaskan.

Rasa saling menghormati adalah aspek yang sangat penting, menurut Eric Ackermann, dari Sinagoga Agung Jenewa dan ketua platform antaragama di Jenewa.

“Kita di sini untuk menemukan kemanusiaan kita bersama, tanpa kehilangan identitas khusus kita, dan untuk saling menghormati bagaimana dan apa yang kita perjuangkan. Kita semua memiliki ‘harta’ dalam agama kita masing-masing yang menjadi lebih jelas dan lebih mudah untuk dihargai ketika kita terlibat dalam dialog satu sama lain,” ia menandaskan.

Kursus tahun ini dikoordinasikan oleh Pdt Prof Dr Simone Sinn, profesor teologi ekumenis di Ecumenical Institute. “Saya sangat senang dengan keingintahuan dan keterbukaan siswa untuk belajar satu sama lain,” katanya, seperti dilansir oikoumene.org.

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home