Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 12:56 WIB | Sabtu, 11 Juni 2022

Invasi Rusia Masuk Bulan Keempat: Ada Kekhawatiran “Kelelahan Perang” di Barat

Invasi Rusia Masuk Bulan Keempat: Ada Kekhawatiran “Kelelahan Perang” di Barat
Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy, berpidato melalui tautan video sesi pleno pembukaan yang diselenggarakan oleh Klaus Schwab, Pendiri dan Ketua Eksekutif, Forum Ekonomi Dunia, kiri, selama pertemuan tahunan ke-51 Forum Ekonomi Dunia, WEF, di Davos, Swiss, pada Senin, 23 Mei , 2022. (Foto: dok. Laurent Gillieron via AP)
Invasi Rusia Masuk Bulan Keempat: Ada Kekhawatiran “Kelelahan Perang” di Barat
Orang-orang menaiki kereta evakuasi di stasiun kereta api Pokrovsk, Ukraina timur, Jumat, 10 Juni 2022. (FGoto: AP/Bernat Armangue)
Invasi Rusia Masuk Bulan Keempat: Ada Kekhawatiran “Kelelahan Perang” di Barat
Seorang prajurit Ukraina yang terluka dipindahkan ke fasilitas medis setelah mendapatkan perawatan medis darurat di wilayah Donetsk, Ukraina timur, Selasa, 7 Juni 2022. (Foto: dok.AP/Bernat Armangue)

KIEV, SATUHARAPAN.COM-Saat invasi Rusia ke Ukraina memasuki bulan keempat, para pejabat di Kiev telah menyatakan kekhawatiran bahwa momok “kelelahan perang” dapat mengikis tekad Barat untuk membantu negara itu dan mendorong kembali agresi Moskow.

Amerika Serikat dan sekutunya telah memberikan miliaran dolar persenjataan ke Ukraina. Eropa telah menampung jutaan orang yang terlantar akibat perang. Dan ada persatuan yang belum pernah terjadi sebelumnya di Eropa pasca-Perang Dunia II dalam menjatuhkan sanksi kepada Presiden Vladimir Putin dan negaranya.

Tetapi ketika kejutan invasi 24 Februari mereda, para analis mengatakan Kremlin dapat mengeksploitasi konflik yang berlarut-larut dan berurat berakar dan kemungkinan memudarnya minat di antara kekuatan Barat yang mungkin mengarah pada tekanan pada Ukraina ke dalam penyelesaian.

Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy, sudah kesal dengan saran Barat bahwa dia harus menerima semacam kompromi. Ukraina, katanya, akan memutuskan persyaratannya sendiri untuk perdamaian. “Kelelahan bertambah, orang menginginkan semacam hasil (yang bermanfaat) untuk diri mereka sendiri, dan kami menginginkan hasil (lain) untuk diri kami sendiri,” katanya.

Proposal perdamaian Italia ditolak, dan Presiden Prancis, Emmanuel Macron, mendapat reaksi marah setelah dia dikutip mengatakan bahwa meskipun invasi Putin adalah "kesalahan bersejarah," kekuatan dunia tidak boleh "mempermalukan Rusia, jadi ketika pertempuran berhenti, kita bisa membangun jalan keluar bersama melalui jalur diplomatik.”

Menteri Luar Negeri Ukraina Dmytro Kuleba mengatakan bahwa pembicaraan semacam itu “hanya dapat mempermalukan Prancis dan setiap negara lain yang akan menyerukannya.”

Bahkan pernyataan mantan Menteri Luar Negeri AS, Henry Kissinger, bahwa Ukraina harus mempertimbangkan konsesi teritorial menarik jawaban dari Zelenskyy bahwa itu sama saja dengan kekuatan Eropa pada tahun 1938 membiarkan Nazi Jerman mengklaim bagian dari Cekoslowakia untuk mengekang agresi Adolf Hitler.

Kiev ingin mendorong Rusia keluar dari daerah-daerah yang baru direbut di Ukraina timur dan selatan, serta merebut kembali Krimea, yang dicaplok Moskow pada tahun 2014, dan bagian-bagian Donbas di bawah kendali separatis yang didukung Kremlin selama delapan tahun terakhir.

Setiap bulan perang menelan biaya Ukraina sekitar US$5 miliar, kata Volodymyr Fesenko, analis politik di lembaga think tank Penta Center, dan itu “membuat Kiev bergantung pada posisi konsolidasi negara-negara Barat.”

Ukraina akan membutuhkan persenjataan yang lebih canggih untuk mengamankan kemenangan, bersama dengan tekad Barat untuk mempertahankan penderitaan ekonomi di Rusia untuk melemahkan Moskow.

“Jelas bahwa Rusia bertekad untuk melemahkan Barat dan sekarang membangun strateginya dengan asumsi bahwa negara-negara Barat akan lelah dan secara bertahap mulai mengubah retorika militan mereka menjadi lebih akomodatif,” kata Fesenko dalam sebuah wawancara dengan The Pers Associated.

Perang masih mendapat liputan menonjol baik di Amerika Serikat dan Eropa, yang telah dibuat ngeri oleh gambar kematian warga sipil Ukraina dalam pertempuran terbesar di benua itu sejak Perang Dunia II.

AS terus membantu Ukraina, dengan Presiden Joe Biden mengatakan pekan lalu bahwa Washington akan menyediakannya dengan sistem roket dan amunisi canggih yang akan memungkinkannya untuk lebih tepat menyerang sasaran utama di medan perang.

Dalam esai New York Times pada 31 Mei, Biden mengatakan, “Saya tidak akan menekan pemerintah Ukraina, secara pribadi atau publik, untuk membuat konsesi teritorial apa pun.”

Jerman, yang telah menghadapi kritik dari Kiev dan di tempat lain karena dianggap ragu-ragu, telah menjanjikan sistem pertahanan udara paling modernnya. “Tidak ada yang seperti itu, bahkan dalam Perang Dingin ketika Uni Soviet tampak paling mengancam,” kata Nigel Gould-Davies, rekan senior untuk bidang Rusia dan Eurasia di Institut Internasional untuk Studi Strategis.

Meskipun dia tidak melihat erosi yang signifikan dalam “dukungan empatik untuk Ukraina,” Gould-Davies mengatakan “ada petunjuk tentang ketegangan yang berbeda mengenai apa yang seharusnya menjadi tujuan Barat. Itu belum didefinisikan dengan jelas.”

Ada Kompromi tentang Sanksi untuk Rusia?

Kekhawatiran domestik Eropa menyentuh jalan mereka ke dalam wacana, terutama karena harga energi dan kekurangan bahan baku mulai berdampak ekonomi pada orang-orang biasa yang menghadapi tagihan listrik, biaya bahan bakar, dan harga bahan makanan yang lebih tinggi.

Sementara para pemimpin Eropa memuji keputusan untuk memblokir 90% dari ekspor minyak Rusia pada akhir tahun sebagai "sukses penuh," dan itu butuh empat pekan negosiasi dan termasuk konsesi yang memungkinkan Hongaria, yang secara luas dilihat sebagai sekutu terdekat Kremlin Uni Eropa, untuk melanjutkan impor. Diperlukan lebih banyak penyesuaian politik selama beberapa pekan.

“Ini menunjukkan bahwa persatuan di Eropa sedikit menurun karena invasi Rusia,” kata Matteo Villa, seorang analis think tank ISPI di Milan. “Ada semacam pengaturan kelelahan di antara negara-negara anggota dalam menemukan cara baru untuk memberikan sanksi kepada Rusia, dan jelas di dalam Uni Eropa, ada beberapa negara yang semakin tidak mau melanjutkan sanksi.”

Waspada terhadap dampak ekonomi dari sanksi energi lebih lanjut, Komisi Eropa telah mengisyaratkan tidak akan terburu-buru untuk mengusulkan tindakan pembatasan baru yang menargetkan gas Rusia. Anggota parlemen Uni Eropa juga meminta bantuan keuangan bagi warga yang terkena dampak pemanasan dan kenaikan harga bahan bakar untuk memastikan bahwa dukungan publik untuk Ukraina tidak berkurang.

Pemimpin sayap kanan Italia Matteo Salvini, yang terlihat dekat dengan Moskow, mengatakan kepada wartawan asing pekan ini bahwa Italia siap berkorban, dan Liganya mendukung sanksi terhadap Rusia.

Tetapi dia menunjukkan bahwa dukungan itu tidak terbatas, di tengah tanda-tanda neraca perdagangan di bawah sanksi telah bergeser ke pihak Moskow, merugikan pemilik usaha kecil di Italia utara yang merupakan bagian dari basisnya.

"Italia sangat bersedia untuk melakukan pengorbanan ekonomi pribadi untuk mendukung pertahanan Ukraina dan mencapai gencatan senjata," kata Salvini.

“Yang tidak saya inginkan adalah menemukan kami kembali di sini pada bulan September, setelah tiga bulan dengan konflik yang masih berlangsung. Jika itu masalahnya, itu akan menjadi bencana bagi Italia. Di luar kematian, dan menyelamatkan nyawa, yang menjadi prioritas, secara ekonomi, untuk Italia, jika perang berlanjut, itu akan menjadi bencana,” katanya. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home