Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 17:20 WIB | Selasa, 22 Maret 2022

Invasi Rusia: Pasukan Ukraina Rebut Kembali Wilayah Pinggiran Kiev

Invasi Rusia: Pasukan Ukraina Rebut Kembali Wilayah Pinggiran Kiev
Anggota layanan angkatan bersenjata Ukraina berkumpul di posisi mereka di luar pemukiman Makariv, di tengah invasi Rusia ke Ukraina, dekat Zhytomyr, Ukraina 4 Maret 2022. (Foto-foto: dok Reuters)
Invasi Rusia: Pasukan Ukraina Rebut Kembali Wilayah Pinggiran Kiev
Anggota dinas angkatan bersenjata Ukraina terlihat di atas sebuah tank di posisi mereka di luar pemukiman Makariv, di tengah invasi Rusia ke Ukraina, dekat Zhytomyr, Ukraina.
Invasi Rusia: Pasukan Ukraina Rebut Kembali Wilayah Pinggiran Kiev
Tampilan satelit gedung apartemen dan toko yang terbakar dan rusak berat, saat invasi Rusia ke Ukraina berlanjut, Mariupol, 18 Maret 2022.
Invasi Rusia: Pasukan Ukraina Rebut Kembali Wilayah Pinggiran Kiev
Seorang anggota angkatan bersenjata Ukraina terlihat di atas sebuah tank di pinggir jalan di luar pemukiman Makariv, di tengah invasi Rusia ke Ukraina, dekat Zhytomyr.

KIEV, SATUHARAPAN.COM-Pasukan Ukraina mengatakan mereka telah merebut kembali pinggiran ibu kota yang strategis dan penting dari pasukan Rusia, pada Selasa (22/3) pagi. Sementara itu, serangan Rusia di pelabuhan selatan Mariupol berkecamuk tanpa henti, dan warga sipil yang melarikan diri menggambarkan pemboman tanpa henti dan mayat tergeletak di jalan-jalan.

Pasukan Rusia melanjutkan pengepungan Mariupol setelah pembela kota pelabuhan selatan menolak tuntutan untuk menyerah, serangan darat Kremlin di bagian lain negara itu maju perlahan atau tidak sama sekali, dipukul mundur oleh serangan “tabrak lari” mematikan oleh pasukan Ukraina ke Rusia.

Selasa pagi, pasukan Ukraina memaksa pasukan Rusia keluar dari pinggiran Kiev, Makariv setelah pertempuran sengit, kata Kementerian Pertahanan Ukraina. Wilayah yang diperoleh kembali memungkinkan pasukan Ukraina untuk merebut kembali kendali atas jalan raya utama dan memblokir pasukan Rusia dari sekitar Kiev dari barat laut.

Tetapi Kementerian Pertahanan mengatakan pasukan Rusia yang berperang menuju Kiev dapat menguasai sebagian pinggiran barat laut lainnya, Bucha, Hostomel dan Irpin, beberapa di antaranya telah diserang hampir sejak militer Rusia menginvasi akhir bulan lalu.

Dengan pasukan yang tertahan di banyak tempat, pasukan Presiden Rusia, Vladimir Putin, semakin memusatkan kekuatan udara dan artileri mereka di kota-kota Ukraina dan warga sipil yang tinggal di sana, menewaskan banyak orang dan membuat jutaan orang mengungsi.

Seorang pejabat senior pertahanan AS, berbicara dengan syarat anonim untuk membahas penilaian militer, mengatakan Rusia telah meningkatkan serangan udara selama dua hari terakhir, melakukan sebanyak 300 dalam 24 jam terakhir, dan telah menembakkan lebih dari 1.100 rudal ke Ukraina. sejak invasi dimulai.

Presiden AS Joe Biden, yang menuju ke Eropa akhir pekan ini untuk bertemu dengan sekutu, dan menyebutkan bahwa hal yang lebih buruk mungkin masih akan datang. “Punggung Putin menempel di dinding,” kata Biden. “Dia tidak mengantisipasi sejauh mana atau kekuatan persatuan kita. Dan semakin punggungnya menempel ke dinding, semakin besar tingkat keparahan taktik yang mungkin dia gunakan.” Biden mengulangi tuduhan bahwa Putin sedang mempertimbangkan untuk menggunakan senjata kimia.

Dalam pidato video Senin malam, Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy, memuji mereka yang telah melawan Rusia. “Tidak perlu mengorganisir perlawanan,” kata Zelenskyy. “Perlawanan bagi orang Ukraina adalah bagian dari jiwa mereka.”

Negosiasi Ukraina dan Rusia

Pembicaraan antara Rusia dan Ukraina telah dilanjutkan melalui video tetapi gagal menjembatani jurang pemisah antara kedua belah pihak. Zelenskyy mengatakan kepada televisi Ukraina hari Senin malam bahwa dia akan siap untuk mempertimbangkan untuk mengabaikan tawaran NATO apa pun oleh Ukraina, permintaan utama Rusia, sebagai imbalan atas gencatan senjata, penarikan pasukan Rusia dan jaminan keamanan Ukraina.

Zelenskyy juga menyarankan Kiev akan terbuka untuk diskusi di masa depan tentang status Krimea, yang direbut Rusia pada tahun 2014, dan wilayah wilayah Donbas timur yang dipegang oleh separatis yang didukung Rusia. Tapi dia mengatakan itu adalah topik untuk lain waktu.

Zelenskyy berencana untuk berbicara dengan anggota parlemen Jepang pada hari Selasa (22/3), bagian dari serangkaian pidato kepada legislatif asing saat ia berusaha untuk menggalang dukungan.

Situasi Mariupol

Di Mariupol, dengan komunikasi yang lumpuh, pergerakan terbatas dan banyak penduduk yang bersembunyi, nasib mereka yang berada di dalam sekolah seni yang rata dengan tanah pada hari Minggu (20/3) dan sebuah teater yang diledakkan empat hari sebelumnya, tidak jelas. Lebih dari 1.300 orang diyakini berlindung di teater, dan 400 diperkirakan berada di sekolah seni.

Berada di tepi Laut Azov, Mariupol adalah pelabuhan penting bagi Ukraina dan terletak di sepanjang bentangan wilayah antara Rusia dan Krimea. Dengan demikian, itu adalah target utama yang telah dikepung selama lebih dari tiga pekan dan telah mengalami beberapa penderitaan terburuk dari perang.

Tidak jelas seberapa dekat penaklukannya. Kementerian Pertahanan Ukraina mengatakan pada hari Selasa (22/3) bahwa pasukan mereka masih mempertahankan kota dan telah menghancurkan kapal patroli Rusia dan kompleks peperangan elektronik.

Selama akhir pekan, Moskow telah menawarkan jalan keluar yang aman dari Mariupol, satu koridor menuju timur ke Rusia, satu lagi menuju barat ke bagian lain Ukraina, sebagai imbalan atas penyerahan kota itu sebelum fajar hari Senin. Ukraina dengan tegas menolak tawaran itu jauh sebelum batas waktu.

Ukraina mengatakan tidak ada perjanjian baru dengan Rusia tentang koridor untuk evakuasi. Mariupol memiliki populasi sebelum perang sekitar 430.000. Sekitar seperempat diyakini telah pergi pada hari-hari awal perang, dan puluhan ribu melarikan diri selama sepekan terakhir melalui koridor kemanusiaan. Upaya lain telah digagalkan oleh pertempuran.

Pejabat Mariupol mengatakan pada 15 Maret bahwa setidaknya 2.300 orang tewas dalam pengepungan, dengan beberapa dikubur di kuburan massal. Belum ada perkiraan resmi sejak itu, tetapi jumlahnya dikhawatirkan jauh lebih tinggi setelah enam hari pengeboman lagi.

Bagi mereka yang tetap tinggal, kondisinya menjadi brutal. Serangan itu telah memutus pasokan listrik, air dan makanan Mariupol dan memutuskan komunikasi dengan dunia luar, membuat penduduk berjuang untuk bertahan hidup. Gambar satelit komersial baru menunjukkan asap mengepul dari gedung-gedung yang baru terkena artileri Rusia.

Mereka yang berhasil keluar dari Mariupol menceritakan tentang kota yang hancur. “Tidak ada bangunan lagi di sana,” kata Maria Fiodorova, 77 tahun, yang melintasi perbatasan ke Polandia pada Senin setelah lima hari perjalanan.

Secara keseluruhan, lebih dari 8.000 orang melarikan diri ke daerah yang lebih aman pada hari Senin melalui koridor kemanusiaan, termasuk sekitar 3.000 dari Mariupol, kata Wakil Perdana Menteri, Iryna Vereshchuk.

Penembakan Rusia terhadap sebuah koridor melukai empat anak di sebuah rute menuju keluar dari Mariupol, kata Zelenskyy.

Invasi Rusia telah mengusir hampir 3,5 juta orang dari Ukraina, menurut PBB, dan telah mengkonfirmasi lebih dari 900 kematian warga sipil, tetapi mengatakan jumlah korban sebenarnya mungkin jauh lebih tinggi. Perkiraan kematian orang Rusia bervariasi, tetapi bahkan angka konservatif berada di angka ribuan. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home